Erdogan Berpotensi Menang Putaran Kedua Pemilu Setelah Sinan Ogan Deklarasikan Dukungan

Sinan Ogan dan Erdogan
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Dunia – Kandidat pemilihan presiden Turki urutan ketiga, Sinan Ogan, pada hari Senin, 22 Mei 2023, telah memutuskan untuk mendukung Presiden Recep Tayyip Erdogan, menjelang pemungutan suara putaran kedua. 

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Ogan, yang memperoleh 5,17 persen suara pada putaran pertama pemilihan presiden yang berlangsung pada 14 Mei, mengatakan pada konferensi pers di Ankara bahwa dia akan mendukung petahana Erdogan, bukan penantangnya Kemal Kilicdaroglu, dalam pemilihan presiden pada 28 Mei. 

Pada putaran pertama, Erdogan menerima berhasil meraup 49,52 persen suara, yang memberinya keunggulan lima poin atas Kilicdaroglu. 

Potret Hangat Presiden Turki Erdogan dan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Saat Bertemu di Istanbul

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • alarabiya.net

“Saya mengumumkan bahwa kami akan mendukung calon Presiden Aliansi Rakyat Recep Tayyip Erdogan dan mengundang para pemilih yang memilih kami di putaran pertama untuk memilih Tuan Erdogan,” kata Ogan, dikutip dari CNN Internasional, Selasa, 23 Mei 2023. 

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

"Keputusan itu dibuat setelah musyawarah dan karena pihak kami percaya bahwa itu adalah hal yang tepat untuk negara dan rakyat kami,” tambahnya. 

Ogan telah mengkondisikan dukungannya terhadap salah satu kandidat atas kebijakan keras terhadap pengungsi dan beberapa kelompok Kurdi yang dia anggap sebagai teroris. 

“Aliansi Nasional gagal meyakinkan kami,” ujarnya, berbicara tentang kelompok oposisi utama di Turki, yang dipimpin oleh Kilicdaroglu.

Ogan juga mengklaim bahwa Turki berada pada titik kritis, dan menetapkan empat prioritas yang menurutnya perlu segera ditangani. 

Pertama adalah masalah pengungsi dan migran di Turki, katanya.  Kedua, mengenai ancaman keamanan nasional yang mendesak setelah gempa bumi baru-baru ini. Ketiga, masalah ekonomi yang disebabkan oleh dinamika dalam dan luar negeri yang menimbulkan persoalan mendalam di masyarakat. Kemudian yang keempat, perang melawan terorisme di Turki, yang menurutnya perlu ditangani di semua lini, termasuk secara finansial. 

"Setiap orang memiliki hak untuk berpolitik dan itu harus dijamin tetapi perluasan politik kelompok teror harus dibersihkan dari politik Turki,” ujar Ogan. 

Aliansi Leluhur, aliansi elektoral sayap kanan yang mencalonkan Ogan sebagai kandidat presidennya telah mengumumkan bahwa setiap partai dalam aliansi tersebut akan membuat keputusan secara independen. Partai utama dalam aliansi tersebut, Partai Kemenangan, diperkirakan akan membuat pengumuman pada hari ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya