Jurnalis Dilarang Gunakan Ponsel Saat Liput Sidang Donald Trump Mendatang, Kenapa?

Donald Trump tiba di pengadilan New York
Sumber :
  • The Guardian

Miami – Hakim tertinggi Pengadilan Distrik AS di Distrik Selatan Florida, baru saja memutuskan bahwa jurnalis, yang meliput dakwaan mantan Presiden Donald Trump di Miami di Pengadilan, tidak boleh membawa ponsel atau smartphone ke ruang sidang.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

“Diperintahkan bahwa pada hari Selasa, 13 Juni 2023, semua telepon seluler dan/atau peralatan elektronik dengan ini dilarang untuk wartawan berita, dan anggota media lainnya di dalam Wilkie D. Ferguson, Jr. Gedung Pengadilan Amerika Serikat di Miami,” tulis Kepala Hakim Distrik AS Cecilia Altonaga dalam keputusannya, melansir New York Post. 

Hakim menambahkan bahwa Layanan Marshals AS akan "terus memeriksa semua telepon seluler, dan peralatan elektronik lainnya saat dibawa ke fasilitas gedung pengadilan federal, sebagaimana diarahkan untuk melindungi Bench, Bar, dan publik dari bahaya".  Siapa pun yang melanggar perintah tersebut dapat menghadapi hukuman hingga dan termasuk 30 hari penjara dan denda US$5.000 atau Rp74 juta.

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Donald Trump

Photo :
  • vstory

Perintah Altonaga mengikuti putusan terpisah oleh Hakim AS, Jonathan Goodman, yang menolak permintaan beberapa kelompok media untuk memasang kamera di ruang sidang untuk dakwaan mantan presiden berusia 76 tahun itu. Pengadilan akan dilaksanakan pada hari Selasa waktu AS. Dakwaan atas 37 tuduhan kejahatan terkait dengan dugaan kesalahan penanganan dokumen rahasia Gedung Putih.

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

Goodman juga menolak permintaan paralel untuk merilis umpan audio pengadilan saat proses sidang. Goodman berargumen, bahwa "mengizinkan foto akan merusak pengaturan keamanan besar-besaran yang diberlakukan" untuk penampilan Trump pada hari Selasa di pengadilan federal.

Dalam putusannya, Goodman mengakui bahwa dakwaan Trump "tidak diragukan lagi 'khusus'" dan "benar-benar bersejarah dan sangat penting", tetapi dia menulis bahwa koalisi pers tidak "mengutip kasus atau otoritas hukum apa pun yang akan mendukung pandangan bahwa foto" harus diizinkan.

Dia mencatat bahwa beberapa akomodasi khusus akan disediakan untuk para wartawan media, termasuk ruang limpahan dengan umpan video langsung dari dakwaan Trump dan transkrip yang dipercepat tentang apa yang terjadi di dalam ruang sidang.

Trump diharapkan hadir di sidang yang akan dimulai pada jam 3 sore (waktu AS), di Wilkie D. Ferguson, Jr. Gedung Pengadilan AS di Miami untuk tuduhan yang mencakup penyimpanan informasi pertahanan nasional yang disengaja.

Dia menghadapi hukuman maksimal 400 tahun penjara jika terbukti bersalah atas semua tuduhan.

Dokumen rahasia negara yang ditemukan di rumah Trump di Mar-a-Lago

Photo :
  • USA Department of Justice

Penasihat Khusus Jack Smith menuduh calon presiden dari Partai Republik 2024 itu membawa ratusan dokumen rahasia bersamanya setelah meninggalkan kantor pada Januari 2021 dan menyimpannya secara sembarangan di berbagai ruangan di mansion mewah Mar-a-Lago miliknya, termasuk di kamar mandi, ballroom, kamar tidur dan kamar mandi.

Trump juga diduga berusaha menghalangi upaya pemerintah untuk memulihkan dokumen, termasuk dengan mengarahkan asisten pribadinya Walt Nauta, yang juga didakwa, untuk memindahkan kotak untuk menyembunyikannya dari pengacaranya.

Trump dengan keras membantah semua tuduhuan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya