Tentara Korea Utara Diminta Punya "Buku Harian" untuk Buktikan Cinta Mereka pada Tanah Air

Kim Jong Un meresmikan pembangunan perumahan di Pyongyang, Korea Utara
Sumber :
  • Radio Free Asia

Pyongyang – Pemerintah Korea Utara memaksa tentaranya yang kelelahan, yang ditugaskan di proyek pembangunan negara terkenal, untuk membuat catatan harian untuk membuktikan kesetiaan dan cinta mereka.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Tetapi banyak yang mengeluh, karena setelah bekerja 14 jam sehari tanpa libur di akhir pekan, mereka terlalu lelah untuk memikirkan apa yang harus ditulis, kata seorang penduduk dan tentara di negara itu kepada Radio Free Asia.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un pada tahun 2021 meluncurkan rencana ambisius untuk mengatasi kekurangan perumahan di ibu kota Pyongyang dengan membangun 10.000 rumah baru di kota tersebut pada akhir tahun, dan total 50.000 pada akhir tahun 2025.

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Tentara Korea Utara

Photo :
  • New York Post

Para tentara mendapat perintah untuk memberikan tenaga kerja gratis untuk proyek tersebut, yang disebut "stormtroopers," hidup dalam kondisi kebersihan yang sangat kurang dengan jatah makanan yang tidak memadai, dan mereka berada di bawah tekanan untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat.

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

Pada 25 Februari lalu, Kim Jong Un dan putri kecilnya Ju Ae menghadiri upacara peletakan batu pertama pembangunan jalan baru di distrik Sopho Pyongyang. Selama upacara, Kim memberikan buku harian kepada kontingen tentara muda yang sedang membangun rumah di kota itu. 

Buku harian dengan judul “Days of My Youth” atau “Hari-Hari di Masa Muda” itu kemudian dibagikan kepada setiap tentara, dan sejak saat itu, mereka "dipaksa" untuk mengisinya dengan entri baru setiap hari, seorang penduduk provinsi timur laut Hamgyong Utara mengatakan kepada RFA's Korean Service dengan anonimitas untuk alasan keamanan.

“Para stormtrooper ini, bekerja 14 jam per hari dan mereka tidak memiliki hari istirahat kecuali hari libur nasional besar,” katanya. “Sering terjadi kecelakaan di mana pekerja jatuh karena tertidur di tempat kerja, tetapi sekarang di atas semua ini (otoritas) menyuruh mereka untuk menulis entri jurnal harian.”

Kim Jong Un meresmikan pembangunan perumahan di Pyongyang, Korea Utara

Photo :
  • Radio Free Asia

Entri buku harian mereka akan diperiksa seminggu sekali, menurut penduduk itu. “Jika Anda melewatkan satu hari saja, atau menulis entri dengan tidak tulus, Anda akan diasingkan di depan semua orang, dan dipermalukan selama sesi ulasan hidup pada hari Sabtu,” katanya.

Setiap warga negara Korea Utara harus menghadiri sesi semacam itu di perusahaan, organisasi, atau unit pengawasan lingkungan, dan meninjau bagaimana mereka bisa lebih setia. Warga negara dibuat tidak hanya untuk mengkritik diri mereka sendiri, tetapi juga untuk melaporkan contoh kurangnya loyalitas di antara rekan-rekan mereka.

Bagi para stormtroopers, penugasan buku harian adalah cara lain pemerintah memaksa mereka untuk membuktikan kesetiaan mereka kepada Tanah Air. “Bagaimana mereka bisa mengharapkan anak muda yang berjuang yang pergi tidur dalam keadaan lapar setiap hari untuk menulis buku harian setiap hari?” kata penduduk itu.

Buku harian itu juga berfungsi sebagai pengingat tenggat waktu proyek, katanya. “Di bagian bawah setiap halaman buku harian tertulis 'Ada ______ hari tersisa untuk melaporkan kesetiaan kepada Partai Ibu,' secara implisit mendesak penyelesaian konstruksi sebelum 10 Oktober,” yang merupakan Hari Yayasan Partai.

Seorang mantan stormtrooper yang bekerja di Pyongyang, tetapi dipulangkan ke kota barat laut Sinuiju setelah terluka dalam sebuah kecelakaan, mengatakan kepada RFA bahwa buku harian itu juga digunakan dalam hukuman.

“Seorang anggota peleton stormtrooper saya ditinggal karena dia kelaparan dan dia bersembunyi di rumah seorang kerabat di kota,” katanya. “Dia ditangkap setelah sepuluh hari. Komandan brigade memaksanya untuk menulis surat kritik diri untuk mengisi halaman kosong di buku hariannya.

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Photo :
  • aljazeera.com

Orang-orang yang telah mendengar tentang nasib para stormtroopers tidak senang bahwa pemerintah memberikan buku harian itu sebagai hadiah kepada tentara, tetapi memantau apa yang mereka tulis dan menghukum mereka karenanya, kata tentara itu.

"Tak lama setelah liburan besar di bulan April, komite partai di universitas top Korea Utara menerima surat yang ditulis oleh seorang warga yang mengkritik keras sensor buku harian," bocornya. 

“Penulis surat itu memalsukan namanya, sehingga otoritas kehakiman tidak bisa menyelidiki lebih jauh.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya