China Masuki Angka Pernikahan Terendah Dalam Sejarah

Penduduk China.
Sumber :
  • http://travelingyuk.com

Beijing – Perkawinan di China turun pada tahun 2022 ke level terendah sejak pencatatan dimulai, menurut laporan media negara Yicai melaporkan pada akhir pekan lalu, melanjutkan penurunan yang stabil selama dekade terakhir, meskipun total perkawinan mungkin dipengaruhi oleh adanya lockdown karena COVID-19 yang lalu. 

Keluarga Enggan Bocorkan Tempat Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini

Hanya 6,83 juta pasangan yang menyelesaikan pendaftaran pernikahan mereka tahun lalu, menurut data yang dipublikasikan di situs Kementerian Urusan Sipil, turun sekitar 800.000 dari tahun sebelumnya. Diyakini, penurunan akan terus berlanjut di tahun 2023 ini. 

Penurunan pasangan yang menikah mengikuti pembatasan pandemi yang membuat puluhan juta orang terkunci di rumah atau kompleks mereka selama berminggu-minggu tahun lalu. Hal ini juga terjadi ketika pihak berwenang menangani penurunan tingkat kelahiran dan penurunan populasi.

Honda Vario 125 Versi Gambot Resmi Meluncur, Segini Harganya

Bendera China.

Photo :

Populasi negara itu juga menyusut pada tahun 2022 untuk pertama kalinya dalam lebih dari 60 tahun, terbebani oleh kenaikan biaya hidup, terutama di kota-kota besar yang luas seperti Beijing, pertumbuhan ekonomi yang lemah, dan perubahan sikap dalam membesarkan keluarga.

Terungkap Suvenir Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Siapkan Ribuan Barang Mewah

Penurunan jumlah orang yang lebih muda sebagian merupakan akibat dari kebijakan satu anak China, yang berlangsung dari tahun 1980 hingga 2016.

Kebijakan satu anak yang kaku juga disebut-sebut sebagai akar dari banyak tantangan demografis, yang memungkinkan India menjadi negara terpadat di dunia. Batas tersebut telah dinaikkan menjadi tiga anak.

Pejabat juga telah mencoba mencari cara untuk meningkatkan angka kelahiran negara dan bahkan mendesak pihak berwenang untuk meningkatkan pengenalan kebijakan untuk mempromosikan kesuburan.

Bulan lalu, negara itu mengatakan akan meluncurkan proyek percontohan di lebih dari 20 kota untuk menciptakan budaya pernikahan, dan melahirkan "era baru" untuk mendorong lingkungan melahirkan yang ramah.

Ilustrasi populasi warga China.

Photo :
  • The Irish Time

Prihatin dengan penurunan populasi pertama China dalam enam dekade dan penuaan yang cepat, penasihat politik pemerintah mengusulkan pada bulan Maret bahwa wanita lajang dan belum menikah harus memiliki akses ke pembekuan sel telur dan perawatan IVF, di antara layanan lain untuk meningkatkan tingkat kesuburan negara.

Beberapa bulan yang lalu, juga dilaporkan bahwa bank sperma China mengimbau mahasiswa dan pria sehat untuk menyumbangkan sperma setelah negara tersebut mencatat pertumbuhan populasi yang negatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya