Taiwan Keluarkan Buku Pedoman Bagaimana Cara Membedakan Tentara Taiwan vs China

Taiwan mengeluarkan buku pedoman cara membedakan tentara Taiwan dan China
Sumber :
  • CNA

Taiwan – Pihak militer Taiwan merilis civil defense handbook atau buku pedoman pertahanan sipil yang diperbarui pada hari Selasa, 13 Juni 2023, yang untuk pertama kalinya mencakup bagian tentang cara membedakan antara tentara Tiongkok dan Taiwan, berdasarkan seragam, kamuflase, dan lencana mereka.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Taiwan meluncurkan buku pegangan itu tahun lalu di tengah meningkatnya ketegangan dengan Beijing dan setelah invasi Rusia ke Ukraina, merinci cara menemukan tempat perlindungan bom, persediaan air dan makanan melalui aplikasi telepon pintar, serta beberapa tips untuk menyiapkan kotak P3K darurat.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan mereka menerima umpan balik bahwa buku itu perlu mencerminkan skenario perang dengan lebih baik, mengingat konflik di Ukraina, yang oleh Rusia disebut sebagai "operasi khusus”, melansir CNA, Rabu, 14 Juni 2023.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Taiwan mengeluarkan buku pedoman cara membedakan tentara Taiwan dan China

Photo :
  • Taiwan News

Salah satu perubahan termasuk ilustrasi personel militer Taiwan dan bagaimana mengenali "tentara musuh" yang mengenakan seragam militer China.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Dalam buku tersebut, tentara Taiwan ditampilkan tengah tersenyum, sedangkan tentara Cina memiliki mulut yang tertunduk dan ekspresi yang parah.

"Sebenarnya cukup sulit untuk membedakan mereka," kata Direktur All-Out Defense Mobilization Agency. Shen Wei-chih kepada wartawan di Kementerian Pertahanan.

Buklet tersebut mengasumsikan tentara Tiongkok akan mengenakan seragam Tentara Pembebasan Rakyat; para ahli mengatakan pasukan pasukan khusus mungkin memakai perlengkapan yang berbeda saat mereka mencoba menyusup ke Taiwan selama invasi.

Personil darurat Taiwan, termasuk polisi dan responden pertama, juga ditampilkan dalam buku pegangan baru, yang akan tersedia untuk diunduh seluruh warga Taiwan.

Agensi sedang mengerjakan terjemahan bahasa Inggris, kata Shen.

Merencanakan buku pegangan itu mendahului serangan Rusia terhadap tetangganya, yang telah memicu perdebatan tentang implikasinya bagi Taiwan dan cara-cara untuk meningkatkan kesiapsiagaan, seperti reformasi pelatihan cadangan dan memperluas dinas militer.

Taiwan mengeluarkan buku pedoman cara membedakan tentara Taiwan dan China

Photo :
  • CNA

China memandang Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri meskipun ada keberatan kuat dari Taipei dan telah meningkatkan tekanan militer dan politik selama tiga tahun terakhir untuk mendorong klaim kedaulatan tersebut.

Taiwan juga telah memeriksa tempat perlindungan bom untuk memastikan kesesuaiannya dan memperbarui rambu-rambu agar lebih mudah ditemukan; penanda akhirnya mungkin termasuk lampu berkedip, kata para pejabat pada konferensi pers yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya