AS: China Telah Mata-Matai Kami dari Kuba Sejak Bertahun-Tahun Lalu

Bendera Kuba
Sumber :
  • Wallpaper Flare

Amerika Serikat – China telah mengoperasikan unit intelijen di Kuba selama bertahun-tahun dan meningkatkannya pada 2019 sebagai bagian dari upaya global Beijing untuk meningkatkan kemampuan pengumpulan intelijennya, menurut seorang pejabat senior Gedung Putih AS.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Pernyataan yang dikeluarkan pada pekan lalu itu muncul beberapa hari setelah The Wall Street Journal melaporkan bahwa China telah mencapai kesepakatan rahasia dengan Kuba untuk membangun fasilitas penyadapan elektronik di pulau itu kira-kira 160 km, dari negara bagian Florida di Amerika Serikat bagian selatan.

WSJ melaporkan bahwa China berencana untuk membayar Kuba yang kekurangan uang miliaran dolar, sebagai bagian dari negosiasi.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

VIVA Militer: Ilustrasi mata-mata China

Photo :
  • NBC News

Pemerintah AS dan Kuba sangat meragukan laporan tersebut.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Pejabat Gedung Putih, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan karakterisasi WSJ "tidak sesuai dengan pemahaman kami", tetapi tidak merinci bagaimana laporan atau membahas secara rinci apakah ada upaya China untuk membangun fasilitas penyadapan baru di Kuba.

Pejabat itu mengatakan masalah itu terjadi sebelum pemerintahan Presiden AS Joe Biden seperti halnya upaya Beijing untuk memperkuat infrastruktur pengumpulan intelijennya di seluruh dunia.

“Ini adalah masalah yang sedang berlangsung dan bukan perkembangan baru,” kata pejabat itu. “RRT (Republik Rakyat Tiongkok) melakukan peningkatan fasilitas pengumpulan intelijennya di Kuba pada tahun 2019. Ini didokumentasikan dengan baik dalam catatan intelijen.”

Dimintai komentar, seorang pejabat di kedutaan China di Washington, DC menunjuk pada pernyataan oleh seorang juru bicara kementerian luar negeri China yang menuduh AS "menyebarkan rumor dan fitnah" dengan berbicara tentang stasiun mata-mata Kuba dan menjadi "kerajaan peretas paling kuat Di dalam dunia".

Pemerintah Kuba, sementara itu, mengecam perkembangan terakhir.

“Spekulasi fitnah terus berlanjut, jelas dipromosikan oleh media tertentu untuk menimbulkan kerusakan dan kekhawatiran, tanpa mengikuti pola komunikasi minimal, dan tanpa memberikan data atau bukti untuk mendukung apa yang mereka sebarkan,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Carlos Fernandez de Cossio melalui Twitter-nya.

Cassio sebelumnya menggambarkan laporan WSJ sebagai pemalsuan AS yang dimaksudkan untuk membenarkan embargo ekonomi puluhan tahun Washington terhadap pulau itu.

Dia mengatakan Kuba menolak semua kehadiran militer asing di Amerika Latin dan Karibia.

Perhatian seputar dugaan mata-mata China dari Kuba datang ketika Washington dan Beijing mengambil langkah tentatif untuk meredakan ketegangan yang meningkat, setelah balon mata-mata dataran tinggi yang dicurigai China melintasi daratan AS sebelum militer negara itu menembak jatuh di lepas Pantai Timur pada bulan Februari.

Itu termasuk perjalanan ke China yang menurut pejabat AS direncanakan oleh Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada 18 Juni. Diplomat top Washington itu sebelumnya membatalkan kunjungan tersebut karena insiden balon mata-mata.

Pejabat administrasi Biden mengatakan bahwa meskipun pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump mengetahui upaya pangkalan China di Kuba dan melakukan beberapa upaya untuk mengatasi tantangan tersebut, "kami tidak membuat kemajuan yang cukup dan membutuhkan pendekatan yang lebih langsung".

Jet tempur AS menembak jatuh balon mata-mata China di perairan Carolina, AS

Photo :
  • Chad Fish via AP

Pejabat itu mengatakan diplomat AS telah melibatkan pemerintah yang sedang mempertimbangkan untuk menampung pangkalan China dan telah bertukar informasi dengan mereka.

“Para ahli kami menilai bahwa upaya diplomatik kami telah memperlambat RRT,” kata pejabat tersebut. “Kami pikir RRC tidak seperti yang mereka harapkan.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya