Jadi Engineer, Bocah 14 Tahun Ini Diterima Kerja di Perusahaan SpaceX milik Elon Musk

Kairan Quazi, bocah berusia 14 tahun yang diterima kerja di SpaceX
Sumber :
  • News24

Jakarta – Perusahaan SpaceX milik Elon Musk, menjadi salah satu perusahaan teknologi dan antariksa terbesar di dunia. Tentu tak mudah untuk bisa bekerja di bawah perusahaan tersebut, namun berbeda dengan kisah anak yang satu ini.

Bocah di Buleleng Bali Diduga Dicabuli Ayah Kandungnya di Kos-kosan

Rekrutan terbaru di SpaceX adalah seorang insinyur perangkat lunak yang lulus proses wawancara, yang menurutnya termasuk salah satu interview yang "menantang secara teknis" dan "menyenangkan".

Namun, yang berbeda kali ini, ia adalah seorang bocah laki-laki bernama Kairan Quazi, dan dia baru berusia 14 tahun. "Saya akan bergabung dengan perusahaan paling keren di planet ini sebagai insinyur perangkat lunak di tim teknik Starlink," tulis Quazi dalam posting LinkedIn.

Bocah 7 Tahun di Makassar Mesum di Kuburan, Mengaku Karena Sering Nonton Film Porno

Falcon Heavy rocket SpaceX Meluncurkan Misi STP-2

Photo :
  • Space.com

"Salah satu perusahaan langka yang tidak menggunakan usia saya sebagai proxy yang sewenang-wenang dan ketinggalan zaman untuk kedewasaan dan kemampuan,” lanjutnya, melansir News24.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Dia juga menjadi orang termuda yang lulus dari Santa Clara University. Quazi dan ibunya berencana untuk pindah dari Pleasanton, California, sehingga dia dapat mulai bekerja di SpaceX di Redmond, Washington, menurut laporan tersebut.

Perjalanan luar biasa Quazi dimulai pada usia 2 tahun ketika ia dilaporkan mampu berbicara dalam kalimat yang lengkap. Di taman kanak-kanak, dia memberi tahu anak-anak dan guru lain tentang berita yang dia dengar di radio.

Setelah mengetahui bahwa tugas sekolahnya tidak cukup menantang di kelas tiga, orang tuanya membantunya mendaftar di community college di California pada usia 9 tahun, menurut laporan tersebut. "Saya merasa seperti sedang belajar pada tingkat yang seharusnya saya pelajari," kata Quazi kepada LA Times.

Ketika IQ Kairan diuji, ditemukan bahwa ia berada di atas persentil ke-99,9 dengan skor IQ 147. Sebagian besar anak berusia sembilan tahun memiliki IQ antara 10 dan 30. Dalam tes kecerdasan emosional, dia juga mendapat nilai “sangat tinggi”.

"Selama kelas tiga, menjadi sangat jelas bagi guru saya, orang tua saya, dan dokter anak saya bahwa pendidikan umum bukanlah jalur yang tepat untuk kemampuan belajar akselerasi saya," kata Kairan.

Quazi sempat magang sebagai peneliti AI atau kecerdasan buatan di Intel Labs beberapa bulan kemudian. Pada usia 11 tahun, dia dipindahkan ke Universitas Santa Clara untuk belajar ilmu komputer dan teknik.

Tahun lalu, dia juga sempat menghabiskan empat bulan sebagai pekerja magang pembelajaran mesin di perusahaan intelijen siber Blackbird.AI, menurut profil LinkedIn-nya. Dia membantu merancang "pipa pembelajaran statistik deteksi anomali" untuk menandai konten media sosial yang telah dimanipulasi, menurut profilnya.

Kairan Quazi, bocah berusia 14 tahun yang diterima kerja di SpaceX

Photo :
  • News24

"Saya pikir ada pola pikir konvensional bahwa saya melewatkan masa kanak-kanak, tapi menurut saya itu tidak benar," kata Quazi kepada ABC7 News. "Saya pikir, sekali lagi, pola pikir itu akan membuat saya lulus sekolah menengah sekarang."

Tampaknya dia sudah mencapai satu ambisi dengan mendapatkan pekerjaan Starlink. "Adalah impian saya untuk memiliki karier menangani masalah yang menantang, dan melakukan inovasi radikal untuk melayani kebaikan bersama," tulisnya dalam biografi LinkedIn-nya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya