Pekerja di Arab Saudi Dilarang Bekerja dari Pukul 12 Siang hingga 3 Sore, Ada Apa?

Warga Arab Saudi tiba di Bandara Internasional King Fahd, Damam, Arab Saudi.
Sumber :
  • Saudi Press Agency

Riyadh – Pekerja di Arab Saudi dilarang bekerja di bawah matahari selama jam-jam tertentu dalam sehari selama bulan-bulan musim panas, mulai Kamis 15 Juni 2023. 

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah

Kebijakan ini berlaku dari 15 Juni hingga 15 September, dan pekerja dilarang bekerja selama periode yang berlangsung dari tengah hari hingga pukul 15.00, menurut keputusan yang dibagikan oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Kerajaan di situs webnya. 

“Keputusan ini datang dalam rangka melindungi keselamatan dan kesehatan mereka yang bekerja dengan sektor swasta dan untuk mencegah segala sesuatu yang dapat menyebabkan bahaya kesehatan dan menyediakan lingkungan kerja yang sehat dan aman bagi mereka," tulis pernyataan kementerian, melansir Al Arabiya, Jumat 16 Juni 2023.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Cuaca panas di Kota Mekkah Arab Saudi

Photo :
  • Lutfi Dwi Pujiastuti/MCH 2023

Kementerian meminta pemilik bisnis untuk mengubah jam kerja para pekerjanya dengan cara yang sesuai dengan keputusan untuk melindungi karyawan mereka, dan mencegah insiden atau penyakit apa pun “yang tercermin dalam peningkatan dan peningkatan produktivitas.” 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Kementerian Arab Saudi juga mengatakan bahwa pelanggaran keputusan dapat dilaporkan melalui nomor tunggal 19911 atau melalui aplikasi seluler kementerian dan akan langsung ditindaklanjuti. 

Keputusan serupa juga berlaku pada hari Kamis di Uni Emirat Arab (UEA) di mana Kementerian Sumber Daya Manusia dan Emirat mengumumkan bahwa Libur Tengah Hari akan melarang buruh bekerja di bawah matahari antara pukul 12:30 hingga 3:00 sore waktu lokal saat matahari tengah terik-teriknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya