Manajer Harvard yang Jual Tubuh Mayat Manusia Hadapi Tuntutan 15 Tahun Penjara

Salah satu pelaku, Jeremy Pauley
Sumber :
  • nypost.com

Massachusetts – Tujuh orang, termasuk manajer kamar mayat di Harvard Medical School (HMS) telah resmi ditangkap dan didakwa mencuri dan menjual jenazah dari kamar mayat di sekolah Ivy League dan Universitas Arkansas, kata jaksa penuntut.

1 Pelaku Penembakan Mapolda Lampung Ditangkap, Ternyata Sindikat Penjual Mobil Bodong

Penangkapan itu melibatkan jaringan black market penjualan mayat, termasuk mayat dua bayi yang lahir mati di Program Hadiah Anatomi Harvard Medical School dan kamar mayat dan krematorium Arkansas, kata Jaksa Penuntut AS Gerard M. Karam dalam sebuah pernyataan, melansir Al Jazeera.

Cedric Lodge (55) diduga mencuri jenazah dari kamar mayat universitas, tempat dia bekerja, dan menjual bagian tubuh secara online dengan bantuan istrinya, Denise (63), kepada rekanan Katrina Maclean (44), Joshua Taylor (46), dan Matthew Lampi (52).

Universitas Harvard Dikabarkan Makin Sepi Peminat, Kok Bisa?

Harvard Medical School

Photo :
  • nypost.com

Para terdakwa menghadapi dakwaan persekongkolan dan pengangkutan barang curian yang melanggar hukum, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka

Para pejabat mengatakan salah satu klien Lampi, Jeremy Pauley, membeli dan menjual bagian tubuh kepadanya, dengan keduanya menukar lebih dari US$100.000.

Pauley akhirnya menuntun para detektif ke Candace Chapman Scott, yang dituduh mencuri mayat yang akan dikremasi di Little Rock dan menjualnya ke Pauley di Pennsylvania.

Seperti dengan operasi Lodge, banyak mayat yang dituduh dijual oleh Scott adalah milik mereka yang menyumbangkannya untuk tujuan penelitian ilmiah di University of Arkansas Medical Sciences.

“Beberapa kejahatan menentang pemahaman,” kata Karam tentang pasar bawah tanah yang dituduhkan para terdakwa didirikan dan diikuti. “Pencurian dan perdagangan jenazah manusia menyerang inti dari apa yang menjadikan kita manusia," lanjutnya. 

Salah satu pelaku, Jeremy Pauley

Photo :
  • nypost.com

"Sangat mengerikan bahwa begitu banyak korban di sini secara sukarela mengizinkan jenazah mereka digunakan untuk mendidik para profesional medis dan memajukan kepentingan sains dan penyembuhan," tambahnya. “Bagi mereka dan keluarga mereka untuk dimanfaatkan atas nama keuntungan itu mengerikan.”

Di antara bagian tubuh yang dijual termasuk dua wajah kering yang dibayar MacLean kepada Lodge sebesar $600, dan pada tahun 2020, Taylor diduga mengirim Denise $200 dengan memo bertuliskan, "braiiiiiins" atau otak. 

Jaksa juga mengklaim Lodge mengizinkan pembelinya memasuki kamar mayat Boston untuk memilih bagian tubuh yang mereka inginkan, dengan manajer nakal itu kemudian mencuri jenazah dan mengirimkannya melalui pos.

Lodge dipecat pada 6 Mei, dengan Harvard menggambarkan dugaan tindakannya sebagai "pengkhianatan yang menjijikkan".

"Kami terkejut mengetahui bahwa sesuatu yang sangat mengganggu dapat terjadi di kampus kami, sebuah komunitas yang berdedikasi untuk menyembuhkan dan melayani orang lain," kata George Daley, dekan fakultas kedokteran sekolah tersebut dalam sebuah pernyataan.

“Insiden yang dilaporkan adalah pengkhianatan terhadap universitas kami dan, yang terpenting, setiap individu yang secara altruistis memilih untuk menyerahkan tubuh mereka ke HMS melalui Program Anatomical Gift untuk memajukan pendidikan dan penelitian medis.”

Universitas Harvard

Photo :
  • wordpress.com

Leslie Taylor, dari University of Arkansas Medical Sciences, juga menyatakan keterkejutannya atas apa yang terjadi pada jenazah yang dipercayakan ke sekolahnya.

"Kami bahkan tidak dapat membayangkan bahwa hal seperti ini bisa terjadi," kata Taylor, meminta maaf kepada keluarga yang gagal mendapatkan kembali tubuh orang yang mereka cintai yang telah dikremasi secara penuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya