Bertemu Bill Gates, Presiden Xi Jinping: Anda Teman Amerika Pertama yang Datang ke China Tahun Ini

Bill Gates dan Xi Jinping
Sumber :
  • BBC.co.uk

Beijing, China – Salah satu pendiri Microsoft dan salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada hari Jumat waktu setempat, meski ketegangan tetap tinggi antara AS dan Beijing. 

Jadwal 'Kiamat' Tak Bisa Ditunda, Sosok Penting Ini Menyerah

Xi mengatakan kepada Gates bahwa dia adalah "teman Amerika pertama" yang dia temui di Beijing tahun ini, menurut media pemerintah China. Gates adalah pemimpin bisnis AS terbaru yang mengunjungi China sejak membuka kembali perbatasannya. Akhir pekan ini, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga akan mengunjungi China.

"Saya sering mengatakan bahwa fondasi hubungan China-AS adalah di antara rakyat, dan kami selalu melihat ke rakyat Amerika dan berharap kedua bangsa akan terus bersahabat," kata Xi kepada Gates, melansir BBC.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

Bill Gates

Photo :
  • U-Report

Itu adalah pertemuan pertama Xi dengan tokoh bisnis asing dalam beberapa tahun terakhir. Dia berhenti bepergian ke luar negeri pada tahun 2020, ketika China menutup perbatasannya selama pandemi. Mr Xi dan Mr Gates terakhir diketahui telah bertemu pada tahun 2015. 

Menkominfo Pastikan Bos Microsoft Bertemu Jokowi pada 30 April

Tahun ini, Elon Musk dari Tesla, Jamie Dimon dari JP Morgan, dan Tim Cook dari Apple semuanya telah melakukan perjalanan ke negara tersebut. Saat mereka mengadakan pertemuan dengan pejabat senior Tiongkok, mereka tidak bertemu dengan Xi. 

Gates berada di China dalam perannya sebagai co-chairman dari The Bill and Melinda Gates Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang dia dirikan bersama mantan istrinya, Melinda. 

Pada tahun 2020, Gates mengundurkan diri dari dewan Microsoft untuk fokus pada yayasan, yang berfokus pada kesehatan global, pendidikan, dan perubahan iklim. Dia telah berhenti dari peran eksekutif penuh waktunya di raksasa teknologi itu 12 tahun sebelumnya. 

Bill Gates dan Xi Jinping

Photo :
  • BBC.co.uk

Seperti diketahui, Blinken, yang merupakan pejabat kabinet AS pertama yang mengunjungi China sejak 2019,  dijadwalkan tiba di Beijing akhir pekan ini. 

Namun ekspektasi rendah, bahwa setiap kemajuan serius akan dibuat pada daftar perselisihan yang terus meningkat antara AS dan China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya