Arab Saudi Sediakan 400 Ton Air Zamzam Selama Musim Haji

Jemaah mengambil air zamzam untuk diminum di kawasan Masjidil Haram
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

Riyadh – Masjid Nabawi di Madinah menyediakan hingga 400 ton air Zamzam per hari selama musim haji. Hal itu disampaikan oleh media resmi Arab Saudi, Saudi Press Agency, pada Kamis, 22 Juni 2023. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

"Air suci tersebut dituangkan ke dalam 10.000 wadah yang tersedia di sekitar masjid, dan 5.000 wadah tambahan yang digunakan jika diperlukan," kata Saudi Press Agency, dikutip dari Arab News, Jumat, 23 Juni 2023. 

Sebanyak 530 karyawan dan supervisor terlibat dalam mengisi kontainer dan memindahkannya ke tempat yang telah ditentukan di masjid, di atap, dan di halaman masjid. 

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Jemaah shalat fardhu di Masjidil Haram, Mekkah.

Photo :
  • ANTARA/Desi Purnamawati

Tujuh lokasi di masjid itu ditujukan untuk mengisi wadah, dan tiga area digunakan untuk mendinginkan botol air Zamzam sekali pakai. Sebanyak 80.000 di antaranya didistribusikan setiap hari, menurut laporan itu. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Seperti yang diberitakan sebelumnya, lima hari jelang masa puncak haji yang juga dikenal dengan masa Armuzna (Arafah-Muzdalifah-Mina), seluruh penjuru Kota Mekkah mulai dipadati jemaah haji, termasuk Masjidil Haram.  

Masjidil Haram diprediksi akan mengalami puncak kepadatan pada  hari ini, Jumat, 23 Juni 2023. Karenanya, demi menjaga keselamatan dan keamanan, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid mengimbau jemaah haji sebaiknya tidak ke Masjidil Haram untuk salat Jumat. 

"Besok itu bertepatan dengan hari Jumat dan Masjidil Haram akan sangat padat. Demi menjaga keselamatan dan keamanan jemaah haji, kami mengimbau alangkah baiknya kalau jemaah manfaatkan masjid-masjid sekitar area perhotelan atau hotel menyelenggarakan Jumatan," papar Subhan, di Kantor Daerah Mekah PPIH Arab Saudi. 

Di sisi lain, bus-bus juga sudah mulai ditarik untuk persiapan angkutan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Dampaknya, jemaah haji akan kesulitan mendapatkan bus untuk kembali ke hotel. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya