Kepala Badan BP2MI Sebut Pekerja Migran Indonesia Setara Duta Besar

Kepala Badan BP2MI
Sumber :
  • VIVA/ Natania Longdong

Jakarta – Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran (BP2MI), Benny Ramdhani menyebut Pekerja Migran Indonesia (PMI) seperti Duta Besar atau Ambassador dari Indonesia. Hal itu sejalan dengan PMI yang diberikan Credential Letter oleh Pemerintah RI.

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

"Hari ini 211 (PMI) yang kita berangkatkan ke Korea ya, malam ini dan juga besok. Seperti biasa kita melakukan prosesi penghormatan negara, melepas mereka sebagai Ambassador, duta negara," kata Benny kepada wartawan, di Jakarta, Senin, 26 Juni 2023.

Dalam acara pelepasan tersebut, Benny juga sempat memberi himbauan atau wejangan kepada para PMI untuk menunjukan sikap orang Indonesia sejati. 

Cek Penerapan Aturan Impor untuk PMI di Bandara Soetta, Mendag Zulhas Temukan Ini

Kepala Badan BP2MI Benny Ramdhani

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong

"Tadi kita sampaikan pesan kesan ke mereka untuk tetap menjadi Indonesia, dengan cara bekerja di negara lain dengan disiplin, patuhi perjanjian kerja yang sudah mereka tanda tangani, tunjukan kita punya attitude dengan prilaku yang baik ya, dengan harga diri," ujarnya.

Paparkan Revolusi Ketenagakerjaan PMI, Kepala BP2MI Sebut Golden-Triangle Harus Kolaborasi Solid

"Sehingga itulah, negara memberikan gelar mereka sebagai Ambassador, negara memberikan Credential Letter, yang mereka pegang untuk diserahkan pada majikan atau pemberi kerja mereka, yang membuktikan bahwa mereka ini orang-orang baik dan duta negara."

Selain itu, Kepala Badan BP2MI itu juga berharap bahwa para PMI dapat menggunakan gaji dan uang mereka dengan baik. Sehingga, saat pulang ke Indonesia, mereka dapat membuka usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Harapan kita tentunya adalah selain mereka disiplin dalam menggunakan uang dan gaji mereka, rajin menabung, mudah-mudagan mereka kembali ke Indonesia, punya modal yang cukup, dan modal itu bisa mengembangkan usaha mereka masing-masing," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya