Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Sidak Pelayanan Jemaah Haji di Mina

Putera Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman
Sumber :
  • Middle East Eye

Mekkah – Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) tiba di kawasan Mina, Mekkah, Arab Saudi, Selasa, 27 Juni 2023. Pangeran MBS datang ke Mina atas nama Raja Salman untuk memeriksa layanan yang diberikan kepada para jemaah haji, seperti dilansir Saudi Press Agency.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Kunjungan putra mahkota bertujuan untuk menilai kesejahteraan jemaah dan kualitas layanan yang diberikan, serta memastikan bahwa jemaah dapat menjalankan manasik haji dengan mudah, nyaman, dan aman.

Menteri Haji dan Umrah, Tawfiq Al-Rabiah mengatakan pada hari Selasa bahwa jumlah jemaah yang datang menunaikan haji tahun ini mencapai 1.845.045 orang dari lebih dari 150 negara, jumlah yang memecahkan rekor kembali ke kapasitas penuh untuk pertama kalinya sejak pandemi global.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Berbicara dalam konferensi pers di sini pada hari Selasa, Al Rabiah mengumumkan keberhasilan rencana untuk membantu peziarah naik ke dataran Arafah, dan penyelesaian kedatangan mereka tepat pukul 10 pagi, karena tingkat kepatuhan dalam pergerakan peziarah mencapai 98 persen.

Pantauan tenda-tenda jemaah haji usai hujan mengguyur kawasan Mina, Arab Saudi

Photo :
  • Istimewa
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Al-Rabiah menekankan persiapan awal telah dilakukan untuk haji tahun ini, melalui pembentukan pusat untuk mengelola semua tugas dan proyek yang berkoordinasi dengan semua sektor pemerintah.

"Tahun ini kita melihat rencana pengelompokan dan penaikan jemaah dilakukan dengan mudah, dan hasilnya sudah terlihat lebih awal," katanya.

"Terkait dengan penggunaan teknologi pintar, kami telah mengembangkan dan memperluas layanan kartu pintar untuk jemaah, di mana jemaah dapat mengakses lokasi mereka di dalam Tempat Suci," 

"Kami juga telah bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak di bidang peta untuk memastikan bahwa lokasi kampanye tercermin dalam sistem elektronik," tambah menteri.

Patut dicatat bahwa Otoritas Umum Statistik mengumumkan bahwa jumlah jemaah haji asing yang berasal dari negara-negara Arab berjumlah 346.214 yang mewakili 21 persen.

Sementara jemaah dari negara-negara Afrika, tidak termasuk negara-negara Arab, mencapai 221.863 (13,4 persen). Sedangkan jumlah jemaah dari Eropa, Amerika, Australia, dan negara-negara lain yang tidak terklasifikasi mencapai 36.521 atau 2,1 persen.

Di antara jemaah haji, sebanyak 1.593.271 jemaah tiba melalui bandara, sementara 60.813 jemaah tiba melalui pelabuhan darat, sedangkan 6.831 jemaah tiba melalui pelabuhan laut.

Otoritas menunjukkan bahwa jumlah negara yang mendapat manfaat dari Inisiatif Jalan Mekkah mencapai tujuh negara, dan jumlah penerima manfaat dari inisiatif ini mencapai 242.272 jamaah pria dan wanita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya