Niron, Satu dari 3 Jemaah Haji yang Hilang Ditemukan Meninggal Dunia

Harun Al Rasyid
Sumber :
  • MCH 2023

MEKKAH – Pencarian tiga jemaah haji yang hilang sejak selesainya pelaksanaan Puncak Haji di Armuzna atau Armina (Arafah, Muzdalifah dan Mina) perlahan menemukan titik terang. Kabar terbaru terungkap, satu dari jemaah haji yang dinyatakan hilang, yakni Niron Sunar Suna, usia 77 dari Embarkasi Surabaya (SUB) kloter 65 sudah ditemukan. Namun, Niron justru ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Kemenag: 4.500 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah

Menurut keterangan dari Kasatops Armina, Kolonel Laut Harun Al Rasyid, jenazah Niron ditemukan di RS Annur, Arab Saudi. Harun menjelaskan bahwa kronologi pencarian jemaah yang hilang hingga ditemukannya jenazah Almarhum Niron.
 
"09.00 WAS kita lakukan pencarian. Ada ciri-ciri orang yang kita cari berada di RS Annur, pukul 10.15 WAS kami berkoordinasi dengan pihak Mashariq di RS Annur, kemudian ke bagian jenazah di situ kami menemukan informasi yang mengarah pada salah seorang dari tiga jenazah yang kami cari," terang Harun, Selasa, 11 Juli 2023.

Dari informasi tersebut lanjut Harun, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan ketua kloter dan istri dari jemaah. Setela bermusyawarah tentang keberadaan jenazah tersebut, Harun beserta tim da rombongan menuju ke ruang Jenazah. "Dan di situ istri dari Almarhum Bapak Niron, melihat dari ciri-ciri khusus yang melekat pada tubuh jenazah, beliau memastikan bahwa itu adalah jenazah suaminya," kata Harun menceritakan kronologisnya.

Pendampingan hingga Kursi Kelas Bisnis, Ikhtiar Wujudkan Layanan Haji Ramah Lansia

Untuk memastikan kembali bahwa jenazah yang ditemukan adalah jemaah bernama Niron, bersama pihak maktab langsung pula dilakukan pengecekan data-data seperti paspor, visa, ciri-ciri khusus lainnya, serta cek sidik jari. 

"Setelah itu sudah ada kepastian, kami musyawarah dengan pihak keluarga, jenazah kita urus, kita sholatkan dan kita kebumikan. Alhamdulillah 20.15 WAS proses berjalan semua dengan lancar, tanpa kita duga jenazah bisa langsung dimandikan di Muksalah, pihak maktab dan pengurus di Arab Saudi merespon keinginan kita. Kita Sholatkan jenazah di Masjidil Harom, lalu dibawa ke tempat pemakaman di daerah Soraya," jelas Harun lagi. 

Satu Jemaah Calon Haji Kloter 2 Embarkasi Palembang Tertunda Keberangkatannya

Harun pun sekali lagi memastikan, tepat pada 11 Juli 2023, jemaah atas nama Niron Sunar Sana telah diketemukan dalam keadaan meninggal dunia. Ia berharap, dua jemaah haji yang masih hilang bisa segera ditemukan. 

"Besok akan kita lanjutkan pencarian lagi, mudah-mudahan ada dua nama jemaah yang kita cari," katanya.

Perlu diketahui, selain Niron, jemaah hilang lainnya diketahui bernama Idun Rohim Zen, usia 87 dari Embarkasi Palembang (PLM) kelompok terbang (kloter) 20 dan Suharja Wardi Ardi, 69 tahun, dari Embarkasi Kertajati (KJT) kloter 10. Sama halnya seperti Almarhum Niron, keduanya juga menghilang sejak 13 Zulhijah atau 1 Juli 2023, usai prosesi puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya