Singapura Jadi Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia, Kok Bisa?

Lapangan Padang Singapura
Sumber :
  • Tripadvisor

Jakarta – Paspor Singapura telah menyalip Jepang sebagai paspor terkuat di dunia, menurut Indeks Paspor Henley terbaru, yang merupakan peringkat paspor global. Peringkat ini disusun berdasarkan berapa banyak negara yang dapat dikunjungi oleh pemegang paspor suatu negara

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Indeks tahun ini memperlihatkan Jepang telah tergeser sebagai pemilik paspor terkuat di dunia, digantikan oleh Singapura.

Ilustrasi paspor dan visa

Photo :
  • Pexels/Mariakrey
Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah

Dilansir dari Unilad , Kamis, 20 Juli 2023, Paspor negara yang mempunyai julukan Negeri Singa itu memungkinkan pemegangnya mengunjungi 192 negara dari 227 negara bebas visa.

Jerman, Italia, dan Spanyol sama-sama menempati posisi kedua dengan 190 destinasi global tanpa paspor. Sementara Jepang berada di peringkat ketiga bersama dengan Korea Selatan, Austria, Finlandia, Prancis, Luksemburg, dan Swedia, dengan 189 tujuan global.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Inggris naik peringkat ke posisi keempat setelah sempat merosot dalam beberapa tahun terakhir. Posisi ini juga ditempati Irlandia, Denmark dan Belanda, dengan warga negara dapat mengunjungi 188 negara.

Belgia, Republik Ceko, Malta, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, dan Swiss berada di urutan kelima dengan 187 tujuan global. Sedangkan Australia berada di peringkat enam dengan akses bebas visa ke 186 negara.

Paspor paling lemah di dunia termasuk Somalia dan Yaman, yang menempati posisi ke-99 dengan hanya 35 negara tujuan, dan Pakistan di posisi ke-100 dengan 33 tujuan global.

Suriah juga menempati posisi ke-101 (30 tujuan global), Irak di posisi ke-102 dan Afghanistan di posisi ke-103 dengan 27 tujuan global.

Indeks tersebut juga mencatat bahwa meskipun Amerika Serikat (AS) hanya dapat mengakses 184 tujuan bebas visa, AS hanya mengizinkan 44 negara lain untuk melewati perbatasannya tanpa visa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya