Kapal Feri Tenggelam di Filipina, 26 Orang Tewas

Penyelamatan Korban Kapal Terbalik di Filipina
Sumber :
  • AP Photo

Manila – Sebuah kapal feri terbalik di Filipina. Penumpang yang berada di kapal itu panik, saat angin kencang menghantam kapal kayu dan sedikitnya 26 orang tewas, sementara 40 lainnya berhasil diselamatkan. 

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Penjaga pantai dan polisi mengatakan upaya pencarian dan penyelamatan telah dilanjutkan setelah jeda pada Kamis malam  27 Juli 2023. Para pejabat mengatakan masih belum jelas berapa banyak orang di dalam kapal M/B Princess Aya, yang tenggelam Kamis di Laguna de Bay, provinsi Rizal timur Manila. 

"Ketika orang-orang bergegas ke satu sisi kapal di tengah angin kencang, perahu itu miring dan cadiknya patah, kemudian perahu itu terbalik tak lama setelah meninggalkan dermaga di kota Binangonan menuju Pulau Talim di dekatnya," kata polisi dan penjaga pantai, yang menjelaskan kronologi tenggelamnya kapal feri itu. 

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Sebuah Kapal Terbalik di Filipina

Photo :
  • AP Photo

"Kecelakaan itu terjadi hanya sekitar 46 meter (150 kaki) dari pantai," ujar para pejabat dalam konferensi persnya, dikutip dari AP, Jumat, 28 Juli 2023. 

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Polisi provinsi Rizal mengatakan bahwa mereka segera melancarkan operasi penyelamatan dengan bantuan penjaga pantai dan otoritas lokal lainnya, tetapi setidaknya 26 orang tenggelam dan 40 lainnya berhasil diselamatkan. 

"Ini benar-benar peristiwa tragis yang harus diselidiki,” kata Laksamana Muda penjaga pantai Hostillo Arturo Cornelio kepada wartawan. 

Feri itu seharusnya membawa maksimal 42 penumpang dan awak kapal, tetapi kelebihan muatan, kata Cornelio. Dia mengatakan penyelidik juga akan melihat laporan bahwa penumpang tidak mengenakan pelampung seperti yang dipersyaratkan oleh peraturan keselamatan. 

Saat ditanya berapa banyak orang di dalam kapal itu, Cornelio belum dapat mengkonfirmasinya dengan mengatan, "Tidak jelas apakah ada lebih dari 66 orang yang meninggal atau selamat. Kami berasumsi mungkin ada lebih banyak." 

Sebagai informasi, sebuah video yang dirilis oleh penjaga pantai menunjukkan penyelamat di perahu pemerintah setempat menarik mayat keluar dari danau. Video lain menunjukkan nelayan lokal di atas kapal mendekati perahu yang terbalik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya