Suhu Panas, Ratusan Peserta Jambore Pramuka Dunia di Korsel Bertumbangan

400 Orang Sakit saat Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Dunia – Gelombang panas yang melanda Korea Selatan berimbas pada Jambore Pramuka Dunia yang tengah diadakan di negara itu. Pada jambore internasional tersebut dilaporkan membuat ratusan orang sakit.

Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

Acara yang diselenggarakan di Buan, Korea Selatan, mulai Selasa, 1 Agustus 2023, diikuti lebih dari 43.000 pramuka dari 158 negara.

Bendera Korea Selatan.

Photo :
  • Pixabay.
Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Dikutip dari The Guardian, Jumat, 4 Agustus 2023, di akhir hari pertama, petugas menghitung setidaknya ada 400 orang sakit dan memerlukan perawatan untuk gejala terkait suhu panas seperti pusing, sakit kepala, dan kelelahan.

Termasuk dengan penyakit lainnya, total ada sekitar 800 pasien pada hari pertama. Acara di luar ruangan diselenggarakan di lahan reklamasi seluas 8,8km persegi di wilayah Selatan Buan, sekitar 180km barat daya Seoul.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Suhu cuaca diperkirakan berkisar antara 35 derajat Celcius hingga akhir pekan, dengan hujan yang sangat singkat. Pada upacara pembukaan jambore, Rabu, 2 Agustus 2023, sebanyak 108 orang mengalami sakit karena gelombang panas dan kelelahan serta dibawa ke rumah sakit.

Acara tersebut juga diadakan oleh Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol. Juru Bicara Kantor Luar Negeri Inggris, mengungkapkan mengawasi situasi DI jambore tersebut dari dekat.

Kontingen Inggris akan mengirimkan peserta dalam jumlah besar, sekitar 4.500 pramuka. Di tengah cuaca panas, panitia penyelenggara jambore meminta acara sampingan yang menarik banyak orang setelah upacara dibatalkan.

Menteri Dalam Negeri Korea Selatan, Lee Sang-min, Kamis, 3 Agustus 2023, mengeluarkan arahan mendesak untuk menerapkan langkah-langkah untuk memerangi masalah terkait panas.

400 Orang Sakit saat Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan

Photo :
  • Istimewa

Hal itu termasuk program penyesuaian acara berdasarkan jumlah dan tingkat keparahan kasus, peningkatan ambulans dan pengenalan rumah sakit keliling. Ia juga memerintahkan fasilitas naungan, dan tambahan AC serta shuttle bus.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Komite Penyelenggara Jambore Pramuka Dunia, Choi Chang-haeng menegaskan pada Kamis, saat ini kasus sakit karena panas semakin rendah, dengan tinggal 39 orang yang dirawat institusi medis.

Pada Rabu, Kementerian Dalam Negeri Korea Selatan mengungkapkan cuaca panas akan mencapai titik tertinggi untuk pertama kalinya dalam empat tahun, bisa mencapai 38 derajat Celcius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya