Buntut Kudeta Niger, Nigeria Tutup Perbatasan Daratnya

Peta Negara Niger.
Sumber :
  • BBC Foto.

Lagos – Nigeria mengumumkan keputusan untuk menutup perbatasan daratnya dengan Niger menyusul
kudeta yang terjadi baru-baru ini di Niger, melansir Xinhua, Senin 7 Agustus 2023.

Modal Senyum, Pasukan Walet Hitam TNI Berhasil Buka Jalan yang Diblokade Massa Caleg Gagal Papua

Jenderal Pengawas Layanan Bea Cukai Nigeria, Adewale Adeniyi, pelaksana tugas (Plt.), mengatakan bahwa keputusan pemblokiran total di perbatasan darat itu dilakukan untuk mematuhi arahan Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (Economic Community of West African States/ECOWAS) untuk menangguhkan pergerakan kargo hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Hal ini diungkapkan Adeniyi dalam sebuah kunjungan, pada Jumat 4 Agustus 2023, ke kota perbatasan Jibia di negara bagian Katsina, Nigeria utara, yang berbatasan dengan Niger. Dia mengatakan keputusan tersebut diambil demi kepentingan perdamaian dan stabilitas antara kedua negara.

OIKN Hadirkan Sekolah Bertaraf Internasional di IKN

Massa pendukung Presiden Niger Mohamed Bazoum menentang upaya kudeta

Photo :
  • AP Photo/Sam Mednick

Adeniyi mengatakan bahwa sebagai bagian dari langkah-langkah untuk memastikan kepatuhan total terhadap arahan ECOWAS, para petugas bea cukai Nigeria akan meningkatkan kepekaan masyarakat di perbatasan.

Malam Mendebarkan saat Prajurit TNI Gendong Plastik Berisi Bayi Cantik Bernoda Darah

Sebelumnya, Masyarakat Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) dalam pertemuan darurat  Minggu di Nigeria setelah terjadinya kudeta memerintahkan para pemimpin militer agar memulihkan kekuasaan Presiden Bazoum dalam jangka waktu sepekan.

Jika tidak, ECOWAS akan  "menempuh segala cara", termasuk "penggunaan kekuatan", untuk memulihkan tatanan konstitusional di Niger. Batas waktu tujuh hari yang diberikan kepada pemimpin kudeta agar memulihkan kekuasaan Presiden Mohamed Bazoum hampir habis.

Para menteri pertahanan Afrika Barat tengah menyusun rencana intervensi militer untuk mengembalikan pemerintahan demokratis di Niger, kata seorang pejabat pada Jumat.

Berbicara pada penutupan pertemuan para menteri pertahanan ECOWAS yang berlangsung tiga di ibukota Nigeria, Abuja, Abdel-Fatau Musah, komisioner ECOWAS bidang politik, perdamaian dan keamanan, menyatakan semua opsi sudah diperhitungkan, kendati opsi diplomatik tetap terbuka.

"Semua elemen yang akan dimasukkan dalam intervensi sudah dituntaskan, yang meliputi waktu, sumber daya yang dibutuhkan dan bagaimana serta kapan mengerahkan pasukan," kata dia.

"Apapun yang dicapai di sini akan dilaporkan secepatnya kepada para kepala negara yang akan mengambil keputusan terakhir mengenai apa yang akan kami lakukan menyangkut situasi di Republik Niger." (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya