Kapal Penjaga Pantai China Tembakkan Meriam Air, Filipina Murka

VIVA Militer: Kapal perang Yinmahu (834) militer China
Sumber :
  • scmp.com

Manila – Ketegangan terjadi antara Filipina dan China. Pihak Manila menuduh kapal Penjaga Pantai China menembakkan meriam air, dan melakukan manuver berbahaya ke kapalnya di Laut China Selatan. 

Terpopuler: Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis hingga 5 Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem

“Penjaga Pantai Filipina (PCG) mengutuk keras manuver berbahaya Penjaga Pantai China (CCG) dan penggunaan meriam air secara ilegal terhadap kapal PCG,” tulis PCG dalam pernyataan yang dibagikan di akun Facebook resminya, pada Sabtu, 5 Agustus 2023. 

Dalam tanggapan yang dikeluarkan pada hari Minggu, China sebaliknya menuduh Penjaga Pantai Filipina (PCG) melakukan pelanggaran di perairannya. 

Lab Sentul Beli Bahan Baku Sinte dari China, Transaksinya Pakai Kripto

Kapal perusak berpeluru kendali Angkatan Laut AS USS Curtis Wilbur berpatroli di Laut Filipina dalam foto bertanggal 15 Agustus 2013.

Photo :
  • ANTARA/AL AS/Declan Barnes/HO via Reuters

"Dua kapal pemasok Filipina dan dua kapal penjaga pantai secara ilegal menyusup ke perairan yang berdekatan dengan Karang Renai di Kepulauan Nansha China," kata Gan Yu, juru bicara Penjaga Pantai China. 

China di Asia: Kehadiran Rentenir di Negara-negara Berkembang

“Penjaga pantai China menerapkan kontrol yang diperlukan sesuai dengan hukum dan mencegah kapal Filipina membawa bahan konstruksi ilegal. Kami mendesak pihak Filipina untuk segera menghentikan kegiatan pelanggarannya di wilayah maritim tersebut,” sambungnya, dikutip dari CNN Internasional, Senin, 7 Agustus 2023. 

Gan Yu juga menegaskan kembali teritorial China di pulau-pulau dan Laut China Selatan. Dia bersumpah untuk melanjutkan aktivitas penegakan hukumnya di wilayah tersebut, jika ada kapal lain yang melanggar aturan Beijing

Sementara itu, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menyuarakan dukungannya untuk Filipina dan meminta China untuk menghormati kebebasan navigasi. 

“(China) tidak memiliki klaim yang sah atas wilayah maritim di sekitar Second Thomas Shoal,” katanya dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan pada hari Sabtu. 

Sebagai informasi, Laut China Selatan telah lama menjadi sumber ketegangan antara Manila dan Beijing. 

Beijing mengklaim kedaulatan yang tak terbantahkan atas hampir 1,3 juta mil persegi Laut Cina Selatan, serta sebagian besar pulau di dalamnya. Hal itu termasuk Spratlys, sebuah kepulauan yang terdiri dari 100 pulau kecil dan terumbu karang yang juga diklaim oleh beberapa negara lain seperti Filipina, Malaysia, Brunei, dan Taiwan. 

Namun Manila menyebut daerah itu Laut Filipina Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya