Korban Tewas Kebakaran Hutan Hawaii Capai 93 Orang, Kota Lahaina Seperti Zona Perang

Kebakaran di Hawaii, Amerika Serikat.
Sumber :
  • Zeke Kalau/County of Maui via AP

Hawaii – Korban tewas akibat kebakaran hutan Maui, Hawaii, Amerika Serikat terus bertambah menjadi 93 orang, pada Minggu 13 Agustus 2023. Sementara itu para kerabat dari orang hilang dengan panik mencari tanda-tanda apakah orang yang mereka cintai mungkin masih hidup.

Diteror Genosida Gaza, Mayor Mann Cabut dari Badan Intelijen Amerika

Gubernur Hawaii, Josh Green, pada hari Minggu menyamakan kota Lahaina yang terbakar dengan "zona perang". Kobaran api yang bergerak cepat melanda pantai barat laut Maui pada hari Selasa, meratakan sebagian besar kota resor bersejarah dan menghanguskan hampir semua yang dilewatinya.

Beberapa hari setelah kebakaran, petugas pemadam kebakaran masih berjuang melawan kobaran api. Anjing-anjing mayat mencari-cari korban di reruntuhan kota yang hangus untuk mencari korban, sementara para penyintas dan pejabat bergulat menanggulangi bencana.

Viral Pria di Medan Bakar Rumah Sendiri Diduga Kecanduan Narkoba, Pihak Keluarga Minta Rehabilitasi

Kebakaran hutan akibat badai di pulau itu telah menewaskan sedikitnya 36 orang, dan menghancurkan ratusan bangunan di Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat.

Photo :
  • AP Photo/Rick Bowner.

"Saat ini, kami masih dalam pergolakan fase akut pemulihan ini, artinya kami masih memulihkan hilangnya nyawa yang tragis. Sekarang (korban) berada di 93 (orang) ... ini zona perang, tapi bantuannya luar biasa," kata Green kepada MSNBC pada hari Minggu melansir CNA, Senin 14 Agustus 2023.

Rupiah Anjlok Bikin Harga Moge Harley-Davidson Meroket

Green kembali bersumpah untuk menyelidiki tanggapan bencana terhadap kobaran api, dan sistem pemberitahuan darurat setelah beberapa warga mempertanyakan apa yang bisa dilakukan untuk memperingatkan mereka. Beberapa saksi mengatakan mereka sangat sedikit mendapat peringatan, dan menggambarkan teror saat kobaran api menghancurkan kota di sekitar mereka dalam hitungan menit. Yang lain terjun ke Samudra Pasifik untuk melarikan diri.

Sirene ditempatkan di sekitar pulau, yang dimaksudkan untuk memperingatkan bencana alam yang akan datang, tidak pernah berbunyi. Pemadaman listrik dan sinyal seluler menghambat bentuk peringatan lainnya.

Pejabat telah mengamankan 1.000 kamar hotel untuk orang-orang yang kehilangan rumah dan mengatur properti sewaan untuk dijadikan perumahan tanpa biaya bagi keluarga, kata Green pada hari Sabtu. Lebih dari 1.400 orang telah dibawa ke tempat penampungan darurat.

Jumlah korban tewas di Pulau Maui membuatnya menjadi bencana alam terparah di Hawaii, melampaui tsunami yang menewaskan 61 orang pada 1960, setahun setelah Hawaii menjadi negara bagian AS.

Korban tewas juga melebihi kebakaran tahun 2018 di kota Paradise, California, di mana 86 orang tewas, dan merupakan yang tertinggi dari kebakaran hutan AS sejak 1918, ketika 453 orang tewas dalam kebakaran Cloquet di Minnesota dan Wisconsin, menurut data dari National Fire Protection Association.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya