Srettha Thavisin, Pengusaha Kaya yang Terpilih Jadi Perdana Menteri Thailand

PM Baru Thailand Srettha Thavisin
Sumber :
  • AP Photo

Bangkok – Parlemen Thailand, pada hari Selasa, 22 Agustus 2023, secara resmi memilih taipan real estat, Srettha Thavisin untuk menjadi perdana menteri negara berikutnya. Pengangkatan Srettha sebagai PM Thailand mengakhiri kebuntuan politik selama tiga bulan. 

Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

Srettha adalah satu-satunya kandidat yang diajukan oleh Partai Pheu Thai, dan memperoleh 482 suara dari kemungkinan 747 suara di parlemen bikameral Thailand. 

Pemilihannya terjadi pada hari yang sama ketika pendiri Pheu Thai dan mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra kembali ke negara itu setelah lebih dari 15 tahun mengasingkan diri. 

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Pemilu Thailand

Photo :
  • (Foto AP/Grant Peck)

Srettha, yang masih perlu didukung oleh Raja Maha Vajirilongkorn sebelum dia secara resmi menjabat, berjanji untuk bekerja meningkatkan kehidupan warga Thailand di seluruh negeri. 

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

“Saya merasa sangat terhormat terpilih sebagai perdana menteri ke-30 Thailand.  Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada setiap warga Thailand, partai-partai koalisi, anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang terhormat, setiap senator yang ikut serta dalam pemungutan suara hari ini.  Saya akan melakukan yang terbaik dalam melakukan tugas saya tanpa lelah untuk meningkatkan kehidupan warga Thailand,” kata Srettha, dikutip dari CNN Internasional, Rabu, 23 Agustus 2023.

Srettha bergabung dengan Pheu Thai pada tahun 2022, sebelum dinobatkan sebagai salah satu dari tiga kandidat perdana menteri partai menjelang pemilihan pada bulan Mei. 

Jajak pendapat itu dimenangkan oleh partai progresif populer, Move Forward, yang telah mengusulkan reformasi radikal untuk memanfaatkan kemarahan yang meningkat selama bertahun-tahun terhadap aturan di Thailand diatur.  Namun, upayanya untuk membentuk pemerintahan kemudian dihalangi oleh elit politik kerajaan. 

Langkah ini juga menumbangkan keinginan jutaan warga Thailand yang memilih partai-partai progresif pada pemilu bulan Mei, sehingga memberikan teguran keras terhadap pemerintahan yang didukung militer, yang telah memerintah Thailand sejak kudeta tahun 2014. 

Dengan Move Forward yang kini berada di posisi oposisi, pembentukan pemerintahan baru kemungkinan akan menambah bahan bakar bagi basis dukungan muda gerakan progresif, yang berpotensi menimbulkan protes massal di jalanan. 

Sebuah survei yang dilakukan oleh Institut Administrasi Pembangunan Nasional, menemukan sekitar 64 persen dari 1.310 responden tidak setuju atau sama sekali tidak setuju dengan gagasan partai Pheu Thai membentuk pemerintahan dengan didukung militer. 

Kembalinya Thaksin, tokoh yang sangat memecah belah yang digulingkan dalam kudeta militer tahun 2006, kini menambah lapisan ketidakpastian dalam suasana politik yang sedang memanas. 

Terlepas dari ketidakhadirannya secara fisik di negara itu, Thaksin tetap memiliki pengaruh besar dalam politik Thailand. 

Hingga tahun ini, partai-partai politik yang bersekutu dengan Thaksin telah memenangkan kursi terbanyak di setiap pemilu sejak tahun 2001.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya