Kim Jong Un Buka Perbatasan Korea Utara, Warga yang Minggat Sudah Bisa Pulang

Aktivitas warga di sekitar Stasiun Pyongyang, Korea Utara.
Sumber :
  • AP Photo/Jon Chol Jin

VIVA Dunia – Korea Utara telah menyetujui pemulangan warga negaranya yang berada di luar negeri setelah bertahun-tahun melakukan pembatasan perbatasan yang ketat selama pandemi COVID-19, media pemerintah melaporkan. Hal ini berkaitan dengan negara yang terisolasi itu akhirnya membuka perbatasannya untuk perjalanan penumpang pesawat antar negara.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita KCNA, Markas Besar Pencegahan Epidemi Darurat Negara mengatakan bahwa persetujuan tersebut sejalan dengan penyesuaian tingkat anti-epidemi menyusul “situasi pandemi di seluruh dunia yang telah mereda.”

“Mereka yang kembali pulang (ke Korea Utara) akan ditempatkan di bawah pengawasan medis yang tepat di bangsal karantina selama seminggu,” kata pernyataan itu, melansir VOA News, Selasa, 19 Agustus 2023.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Air Koryo milik Korea Utara

Photo :
  • NK News

Pengumuman ini muncul beberapa hari setelah penerbangan Air Koryo dari Pyongyang mendarat di Beijing untuk pertama kalinya sejak lockdown pandemi dimulai pada tahun 2020 di tengah lambatnya pembukaan kembali salah satu negara yang paling terisolasi secara politik dan ekonomi di dunia.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Belum jelas siapa yang berada di dalam pesawat tersebut, namun perusahaan tur Barat yang beroperasi di Korea Utara mengatakan bahwa penerbangan tersebut tampaknya akan membawa pulang warga Korea Utara yang terjebak di Tiongkok selama bertahun-tahun karena penutupan perbatasan atau warganya yang “minggat” dan belum bisa pulang.

Lalu lintas kereta kargo dan kapal perlahan meningkat selama setahun terakhir, namun Korea Utara baru saja mulai mengizinkan beberapa perjalanan penumpang internasional.

Untuk pertama kalinya sejak sebelum pandemi, delegasi pemerintah Tiongkok dan Rusia terbang ke Pyongyang bulan lalu dan bulan ini bus yang membawa atlet Korea Utara ke turnamen taekwondo di Kazakhstan melintasi perbatasan menuju Tiongkok.

Banyak delegasi asing menutup kedutaan mereka di Pyongyang karena mereka tidak dapat merotasi staf atau mengirimkan pasokan selama masa pandemi ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya