Tharman Shanmugaratnam Terpilih Sebagai Presiden Singapura dalam Sekali Putaran

Presiden Terpilih Singapura Tharman Shanmugaratnam
Sumber :
  • Facebook

Singapura – Mantan wakil perdana menteri Singapura, Tharman Shanmugaratnam terpilih sebagai presiden, pada hari Jumat, 1 September 2023. Dia meraih kemenangan telak dalam pemungutan suara pertama di negara tersebut 

Relawan Sanopati 08 Optimis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

“Saya yakin ini adalah mosi percaya di Singapura. Ini merupakan bentuk optimisme terhadap masa depan di mana kita dapat maju bersama dan saling mendukung sebagai warga Singapura,” kata presiden terpilih Shanmugaratnam dikutip dari The Sundaily, Sabtu, 2 September 2023. 

“Saya tersanjung dengan pemungutan suara ini. Ini bukan sekedar pemungutan suara untuk saya, ini adalah pemungutan suara untuk masa depan Singapura," tambahnya.

Digadang-gadang Jadi Penasihat Prabowo, Jokowi: Saya Masih Presiden Sekarang Ini

Ilustrasi pemilu.

Photo :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

Shanmugaratnam diketahui memenangkan 70,4 persen suara untuk memenangkan masa jabatan enam tahun. 

KIP Pastikan Tak Ada Calon Independen di Pilgub Aceh 2024

Saingan utamanya Ng Kok Song, mantan kepala investasi dana kekayaan negara Singapura GIC, menyerah setelah hanya meraih 15,7 persen suara. 

“Hasilnya jelas,” katanya kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa Shanmugaratnam memang telah mendapatkan mandat dari rakyat Singapura.

Lapangan Padang Singapura

Photo :
  • Tripadvisor

Shanmugaratnam mengakui sifat Singapura yang berubah dan berkembang, terutama keberagamannya, dan ia yakin pemilu ini dipandang sebagai tonggak sejarah lain dalam proses evolusi tersebut. 

Ada persyaratan ketat untuk posisi presiden, yang secara resmi mengawasi akumulasi cadangan keuangan kota dan memegang kekuasaan untuk memveto tindakan tertentu dan menyetujui penyelidikan anti-korupsi. 

Meskipun jabatan kepresidenan adalah jabatan non-partisan berdasarkan konstitusi, garis politik telah ditentukan menjelang pemilu untuk menggantikan petahana Halimah Yacob, yang mencalonkan diri untuk masa jabatan enam tahunnya pada tahun 2017 tanpa ada lawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya