Warga Kuba Ditangkap Karena Selundupkan Banyak Pria untuk Jadi Tentara Bayaran Rusia

Bendera Kuba
Sumber :
  • Wallpaper Flare

VIVA Dunia – Pihak berwenang Kuba telah menangkap 17 orang atas tuduhan terkait dengan jaringan perdagangan manusia yang diduga memikat pemuda Kuba untuk berperang bersama militer Rusia di Ukraina. 

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Kementerian Luar Negeri Kuba mengatakan awal pekan ini bahwa pihak berwenang berupaya membongkar jaringan tersebut, yang beroperasi di Kuba dan Rusia untuk memfasilitasi warga Kuba bergabung dalam perang melawan Ukraina.

"Sebagai hasil dari penyelidikan, sejauh ini 17 orang telah ditangkap, di antaranya adalah penyelenggara internal kegiatan tersebut,” kata Cesar Rodriguez, seorang kolonel di Kementerian Dalam Negeri Kuba, mengutip Al Jazeera, Jumat, 8 September 2023. 

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

VIVA Militer: Tentara bayaran PMC Wagner Group Rusia

Photo :
  • newarab.com

Rodriguez tidak menyebutkan siapa saja yang dituduh berpartisipasi dalam komplotan tersebut, namun mengatakan bahwa pemimpin kelompok tersebut mengandalkan dua orang yang tinggal di pulau tersebut untuk merekrut warga Kuba untuk berperang dengan imbalan pembayaran atas nama Rusia di Ukraina. 

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Jaksa Kuba Jose Luis Reyes mengatakan mereka yang terlibat dalam skandal itu dapat dihukum hingga 30 tahun penjara, hukuman seumur hidup atau hukuman mati, tergantung pada tingkat keparahan dan jenis kejahatan, mulai dari perdagangan manusia, pertempuran sebagai tentara bayaran, dan permusuhan tindakan terhadap negara asing. 

Rusia, yang memiliki hubungan politik yang kuat dengan Kuba yang dikuasai komunis, telah lama menjadi tujuan penting bagi warga Kuba yang ingin melarikan diri dari stagnasi ekonomi di dalam negeri.

Presiden Rusia Vladimir Putin tahun lalu menandatangani dekrit yang mengizinkan orang asing yang mendaftar dinas militer di tentara Rusia untuk menerima kewarganegaraan melalui prosedur jalur cepat.

Kuba mengatakan pihaknya tidak ambil bagian dalam perang di Ukraina dan menolak penggunaan warga negaranya sebagai tentara bayaran.

Pada bulan Mei, media Rusia melaporkan bahwa beberapa warga Kuba telah menandatangani kontrak dengan militer Rusia dan dikirim untuk berperang di Ukraina dengan imbalan paspor Rusia. 

Melawan serangan balasan Ukraina yang memakan banyak korban dan tidak memperoleh keuntungan signifikan di medan perang selama berbulan-bulan, Rusia telah meminta bantuan pasukan militer swasta, seperti tentara bayaran Grup Wagner, yang menyewa pejuang langsung dari penjara Rusia. Wagner juga merekrut warga Suriah untuk berperang bersama pasukan Rusia di Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya