Masjid Ini Masih Berdiri Kokoh di Tengah Hancurnya Rumah dan Gedung di Libya

Masjid Al-Sahaba di Derna, Libya
Sumber :
  • Hyperallergic

VIVA Dunia – Hampir seminggu setelah gelombang banjir melanda kota pesisir Libya, menyebabkan ribuan orang tewas, fokus perhatian beralih ke bantuan terhadap korban yang selamat dari bencana tersebut. Perkiraan jumlah nyawa yang hilang sangat bervariasi.

Korban Banjir Bandang Brasil Bertambah Menjadi 83 Orang

Melansir laporan Al Jazeera, Senin, 18 September 2023, jumlah korban tewas resmi terbaru, dari menteri kesehatan pemerintahan yang berbasis di wilayah timur, Othman Abdeljalil, adalah 3.166 orang tewas. Namun menurut laporan PBB yang dirilis pada hari Minggu, jumlah korban jiwa dari Derna saja telah meningkat menjadi 11.300 orang.

Tim kemanusiaan mengevakuasi jenazah korban banjir besar di Libya

Photo :
  • IHH via AP
Banjir Bandang di Brasil, Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Atap Rumah dan Apartemen

Hujan deras akibat badai Mediterania Daniel mengguyur lereng pegunungan yang curam. Mereka yang selamat menceritakan kejadian mengerikan, dimana mayat-mayat menumpuk lebih cepat daripada yang bisa dihitung oleh pihak berwenang. Dinding air setinggi beberapa lantai menghantam gedung-gedung, menenggelamkan seluruh bangunan dalam hitungan menit.

Sementara banyak kota di Libya timur dilanda banjir mematikan, Derna, kota dengan penduduk sekitar 125.000 jiwa, yang terkenal dengan vila-vila putih dan pohon-pohon palemnya, adalah yang paling parah terkena dampaknya.

Ratusan Hektare Sawah di Bombana Sultra Gagal Panen akibat Banjir, Pemkab Minta Bantuan Pusat

Kota ini tidak memiliki rencana evakuasi, dan banyak warga mengatakan mereka tidak menyadari bahwa mereka berada dalam bahaya sampai mereka mendengar suara ledakan dari jebolnya bendungan.

Rekaman yang diambil oleh The Associated Press menunjukkan gedung-gedung apartemen dan blok perkantoran hancur oleh air, dan mobil-mobil yang hanyut dan rusak tersebar di kawasan pejalan kaki pantai kota pelabuhan.

Masjid Al-Sahaba di Derna, Libya

Photo :

Di antara rumah dan gedung yang hancur, terlihat sebuah masjid masih berdiri tegak. Masjid tersebut bernama Al-Sahaba yang terletak di Derna, kota yang paling parah terdampak banjir.

Dalam potret terbaru, berkubah kuning dengan dua menara itu tampak masih kokoh berdiri. Meski lantai dasar masjid tersebut tergenang air dan kotoran akibat banjir, tak ada kerusakan besar yang terjadi di masjid.

Hingga kini, masih banyak warga yang hilang dan belum diidentifikasi. Beberapa wilayah telah membuat kuburan massal bagi mayat-mayat yang ditemukan dan sulit dikenali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya