5 Fakta Terbaru Dampak Gempa Maroko, Beragam Reaksi Internasional Datang

Puing-puing rumah yang terdampak gempa di Maroko
Sumber :
  • AP Photo/Mosaab Elshamy

Maroko – Gempa Maroko yang sangat dahsyat setidaknya membuat 2.000 lebih orang tewas dan ribuan orang terluka. Fakta ini didapat dari data lembaga penyiaran pemerintah 2M, menyebutkan sedikitnya 2.122 orang tewas dalam bencana tersebut dan 2.421 lainnya luka-luka.

Istri Dituduh Korupsi, PM Spanyol Bakal Umumkan Putusan Pengunduran Dirinya Hari Ini

Perlu diketahui gempa ini merupakan bencana alam terkuat yang pernah melanda Maroko dalam lebih satu abad. Diketahui pusat gempa tidak jauh dari pusat wisata dan ekonomi populer di dekat Marrakesh, Maroko.

Gempa Maroko

Photo :
  • CNN International
Jumlah Rumah Rusak Imbas Gempa Garut Terus Bertambah, 4 Warga Terluka

Nah, kali ini VIVA akan bagikan deretan fakta terbaru mengenai gempa Maroko yang tewaskan ribuan korban dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut:

Waktu Gempa Maroko

Imbas Gempa Garut, Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

Dilansir dari BBC, Senin, 18 September 2023, gempa terjadi sekitar pukul 23.11 waktu setempat (18.11 ET). Pusat gempa terletak di pegunungan High Atlas, sekitar 72 kilometer (44,7 mil) barat daya Marrakesh dan dampaknya terasa sampai ke utara hingga Casablanca.

Kekuatan Gempa

Gempa tersebut berkekuatan 6,8 SR. Sumber gempa berada di kedalaman yang relatif dangkal, sehingga lebih merusak. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (AS), gempa sebesar ini jarang terjadi di kawasan ini. Namun hal ini bukan sesuatu yang tidak terduga.

Laporan tersebut mencatat bahwa sembilan gempa berkekuatan 5 atau lebih besar telah melanda wilayah tersebut sejak tahun 1900. Namun tidak satupun yang berkekuatan lebih dari 6. Sebelumnya, gempa  yang paling mematikan di Maroko terjadi di 1960. Kala itu lebih dari 12.000 orang meninggal.

Lokasi Kerusakan

Gempa Maroko.

Photo :
  • Fernando Sanchez/Europa Press via AP.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut lebih dari 300.000 orang telah terkena dampaknya di Marrakesh dan sekitarnya. Tempat-tempat bersejarah telah rusak, namun daerah yang paling terkena dampaknya adalah daerah yang dekat dengan Pegunungan Atlas.

Saksi mata di kaki pegunungan mengatakan beberapa kota hancur total, dan hampir semua rumah di kawasan desa Asni rusak. Lebih dari seribu orang tewas di provinsi Al Haouz dan lebih dari 400 orang tewas di kota Taroudant, Maroko barat daya. 

Raja Turun Gunung

Pekerja darurat dikerahkan ke daerah yang terkena dampak, meskipun beberapa jalan rusak atau tertutup puing-puing. Beberapa desa terpencil di kaki gunung sulit diakses. Pemerintah Maroko mengatakan telah mengaktifkan semua sumber daya yang tersedia untuk mengatasi gempa tersebut. Peerintah mendesak masyarakat untuk menghindari kepanikan.

Raja Mohammed VI dari Maroko pun turun gunung. Ia memerintahkan pembentukan komisi bantuan untuk mendistribusikan bantuan kepada para penyintas, termasuk anak yatim piatu dan orang-orang yang kehilangan rumah akibat bencana tersebut.

Dia juga menyatakan tiga hari berkabung nasional. Ia pun meminta masjid-masjid di seluruh negeri untuk mengadakan salat jenazah pada Minggu siang bagi mereka yang tewas akibat gempa.

Reaksi Internasional

Puing-puing rumah yang terdampak gempa di Maroko

Photo :
  • AP Photo/Mosaab Elshamy

Banyak pemimpin dunia yang menyatakan simpati mereka serta menawarkan dukungan kepada Maroko. Prancis telah mengaktifkan bantuan darurat dari dana pemerintah daerah untuk membantu operasi kemanusiaan di wilayah yang terkena dampak gempa.

"Tim pencarian dan penyelamatan Spanyol, yang terdiri dari 56 tentara dan empat anjing, sudah mendarat di Marrakesh untuk membantu pasca gempa," kata Kementerian Pertahanan Spanyol.

Turki juga menyatakan siap mengirim 265 personel dan 1.000 tenda ke Maroko untuk mendukung upaya bantuan. Ankara sendiri dilanda gempa bumi dahsyat yang menewaskan puluhan ribu orang awal tahun ini.

Sementara itu, Inggris mengatakan telah mengerahkan 60 spesialis pencarian dan penyelamatan. Termasuk empat anjing pencari, peralatan penyelamat, dan tim penilaian medis ke Maroko. Aljazair mengatakan akan membuka kembali wilayah udaranya untuk bantuan kemanusiaan dan penerbangan medis menuju dan dari negara Arab tersebut.

Diketahui, negara ini sebelumnyamemutuskan hubungan diplomatik dengan Maroko pada tahun 2021 dan menutup wilayah udaranya untuk semua pesawat yang terdaftar di Maroko.

Di sisi lain, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Presiden AS Joe Biden juga mengatakan mereka siap memberikan bantuan. Sementara Bank Dunia mengatakan telah menawarkan dukungan penuh kepada negara tersebut.

Banyak pemimpin dunia lainnya, termasuk Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi di G20, pemimpin China Xi Jinping, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dan Presiden Rusia Vladimir Putin, telah menyampaikan belasungkawa mereka.

Laporan lembaga penyiaran pemerintah al-Aoula pada Minggu menyebut Raja Maroko Mohammed VI mengucapkan terima kasih kepada Spanyol, Qatar, Inggris, dan Uni Emirat Arab karena telah mengirimkan bantuan setelah gempa bumi tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh lembaga penyiaran negara 2M, Kementerian Dalam Negeri mengatakan negara tersebut mungkin juga menerima beberapa tawaran dukungan lain yang telah mereka terima dari negara-negara sahabat, tergantung pada kebutuhan masa depan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya