Jet Tempur F-35 Paling Canggih di Dunia Hilang, Polisi AS Minta Warga Bantu Cari

VIVA Militer: Jet tempur siluman F-35 Lightning II militer Amerika Serikat
Sumber :
  • marines.mil

Washington – Sebuah jet tempur F-35 dinyatakan hilang di suatu tempat, di South Carolina. Dalam hal ini, pihak berwenang Amerika Serikat (AS) terpaksa meminta bantuan masyarakat untuk menemukan jet tempur itu.

Israel Bombardir Perbatasan Mesir, Presiden Amerika Ikut Ikut Campur

Pangkalan Gabungan Charleston, sebuah pangkalan udara di Charleston Utara, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Pangkalan Udara Korps Marinir Beaufort untuk menemukan F-35 yang terlibat dalam kecelakaan, pada Minggu sore, 17 September 2023.

Pilot dapat dengan aman keluar dari pesawat, sebuah jet F-35B Lightning II, dan dibawa ke pusat medis setempat dalam kondisi stabil, katanya dalam sebuah postingan di Facebook sekitar pukul 17:35 waktu setempat.

Keren, Batik Indonesia Paling Banyak Diekspor ke Amerika Serikat dan Jerman

VIVA Militer: Jet tempur siluman F-35 militer Inggris

Photo :
  • sky.com

"Jet itu dibiarkan dalam mode autopilot ketika pilot keluar dari pesawat, jadi ada kemungkinan pesawat itu masih mengudara," kata Jeremy Huggins, juru bicara Pangkalan Gabungan Charleston, dikutip dari NBC News, Senin, 18 September 2023.

Joe Biden Dikecam karena Diam Saat Israel Menghadapi Ancaman Surat Perintah Penangkapan

Namun, katanya, para pencari memusatkan perhatian mereka di utara pangkalan udara di sekitar Danau Moultrie dan Danau Marion berdasarkan posisi terakhir jet tersebut yang diketahui dan koordinasi dengan Administrasi Penerbangan Federal.

Ketika ditanya apakah para pejabat yakin jet itu mungkin jatuh, Huggins mengatakan dia tidak dapat menjelaskan lebih lanjut, namun informasi lebih lanjut akan diberikan. 

Selain itu, keadaan yang mendorong pilot untuk keluar dari pesawat masih belum jelas.

Insiden ini menuai sejumlah kritik, dan Perwakilan Nancy Mace, R-S.C., yang bertanya dalam postingan media sosial mengenai insiden itu.

"Bagaimana bisa Anda kehilangan F-35?," tanyanya.

"Bagaimana mungkin tidak ada alat pelacak dan kami meminta masyarakat untuk mencari jet dan menyerahkannya?,"  tulisnya.

Transponder jet, yang biasanya membantu menemukan lokasi pesawat mengatakan bahwa dirinya tidak dapat mendeteksi pesawat itu karena alasan tertentu.

Raksasa kedirgantaraan Lockheed Martin menggambarkan seri F-35 di situs webnya sebagai jet tempur paling canggih di dunia, serta pesawat paling mematikan, tersembunyi, dan dapat bertahan hidup.

KF-35 mencakup tiga varian kursi tunggal, termasuk jet lepas landas dan pendaratan konvensional F-35A, varian lepas landas pendek/pendaratan vertikal F-35B, dan kapal induk F-35C.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya