Selandia Baru Dilanda Gempa 6,2 Skala Richter, Tak Ada Korban dan Kerusakan

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

Wellington – Gempa bumi kuat berkekuatan 6,2 Skala Richter mengguncang Pulau Selatan Selandia Baru, pada Rabu, 20 September 2023. Menurut situs resmi pemerintah Selandia Baru tidak ada korban jiwa atau kerusakan signifikan akibat insiden itu.

Gempa Bumi 6,5 SR Guncang Garut, Terasa Hingga Jabodetabek

Pusat gempa, yang terjadi pada pukul 09.14 waktu setempat, berada pada 124 km sebelah barat Christchurch, di kedalaman 11 km, kata situs Geonet milik pemerintah Selandia Baru.

Melalui website tersebut, sekitar 15.000 orang melaporkan bahwa mereka merasakan gempa tersebut.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Ilustrasi gempa bumi.

Photo :
  • Freepik

Sarah Hussey, seorang petani yang dekat dengan pusat gempa, mengatakan gempa itu lebih kuat dari gempa lain yang dia ingat.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

“Tidak ada kerusakan di sini, tapi rumah saya terangkat sedikit,” katanya, dikutip dari Channel News Asia, Rabu, 20 September 2023.

Scott Shannon, wakil wali kota Timaru di dekat pusat gempa, mengatakan belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa, namun pemeriksaan terus dilakukan.

Gempa tersebut terjadi tidak jauh dari lokasi gempa berkekuatan 6,3 skala Richter yang terjadi pada tahun 2011, yang menewaskan 185 orang dan menyebabkan kerusakan besar di kota Christchurch di Pulau Selatan.

Sebagai informasi, Selandia Baru terletak di Cincin Api Pasifik, tempat lempeng tektonik bertabrakan, dan sering mengalami aktivitas seismik dan vulkanik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya