Menyusut, Luas Permukaan Es Laut di Antartika Capai Titik Terendah Sejak 1979

Es di Antartika mencair.
Sumber :
  • Livescience

Artantika – Es laut yang menutupi lautan di sekitar Antartika mencapai rekor luas permukaan terendah pada musim ini, berdasarkan analisis awal data satelit AS. Para ilmuwan khawatir dampak perubahan iklim semakin meningkat di kutub selatan. 

Bangkit dari Titik Terendah: 8 Rahasia Memperkuat Diri Saat Terpuruk

Saat belahan bumi selatan bertransisi ke musim semi, es laut Antartika hanya mencapai ukuran maksimum 16,96 juta km persegi pada 10 September, menurut badan antariksa AS, NASA, dan Pusat Data Salju dan Es Nasional (NSIDC) awal pekan ini.

Dataran Tinggi Antartika Timur.

Photo :
  • Wayne/Adobe
BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

"Ini adalah jumlah es laut terendah dalam rekor es laut tahun 1979 hingga 2023 dengan selisih yang besar,” kata NSIDC, sebuah program yang didukung pemerintah di Universitas Colorado di Boulder, melalui Al Jazeera, Selasa, 26 September 2023. 

Pada tahun ini, luas es laut telah menyusut menjadi 1,03 juta km persegi, lebih kecil dari rekor terendah sebelumnya dan kira-kira seluas gabungan wilayah Texas dan California. “Ini adalah rekor terendah es laut di Antartika,” kata ilmuwan NSIDC, Walt Meier, dalam komentar yang diterbitkan oleh NASA.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Pada bulan Februari, pada puncak musim panas di Australia, luas bongkahan es di laut Antartika telah mencapai luas minimal 1,79 juta km persegi, yang juga merupakan sebuah rekor, menurut NSIDC. Gumpalan es kemudian tumbuh kembali dengan kecepatan yang luar biasa lambat meskipun awal musim dingin. 

Meier mengatakan pertumbuhan es laut tampak “rendah di hampir seluruh benua dibandingkan di satu wilayah”.

Meskipun Arktik telah terkena dampak perubahan iklim selama satu dekade terakhir, dengan es laut yang memburuk dengan cepat karena wilayah utara memanas empat kali lebih cepat dibandingkan rata-rata global, masih belum ada kepastian bagaimana pemanasan suhu berdampak pada es laut di dekat Kutub Selatan.

Selama beberapa dekade, lapisan es laut Antartika tetap stabil, bahkan sedikit meluas dari tahun 2007 hingga 2016. Namun “sejak Agustus 2016, tren luas es di Antartika mengalami penurunan tajam hampir sepanjang bulan,” kata NSIDC. 

Pergeseran dalam beberapa tahun terakhir menuju kondisi terendah di sekitar Kutub Selatan membuat para ilmuwan khawatir bahwa perubahan iklim akhirnya akan terjadi di lautan es Antartika

Terdapat perdebatan di antara para ilmuwan mengenai penyebab pasti dari perubahan ini, dan beberapa dari mereka enggan untuk membangun hubungan formal dengan pemanasan global. Model iklim di masa lalu sulit memprediksi perubahan lapisan es Antartika.

Tren penurunan ini “sekarang dianggap terkait dengan pemanasan di lapisan paling atas lautan”, kata NSIDC. “Ada kekhawatiran bahwa ini mungkin merupakan awal dari tren penurunan es laut Antartika dalam jangka panjang karena lautan mengalami pemanasan global,” katanya. 

NSIDC memperingatkan bahwa temuan ini masih bersifat awal karena “perubahan angin atau pertumbuhan di akhir musim masih dapat meningkatkan luas es Antartika”. 

Analisis lengkap atas data tersebut akan dirilis pada awal Oktober. Di belahan dunia lain, saat musim panas hampir berakhir, luas es laut Arktik mencapai 4,23 juta km persegi, kata NSIDC.

Ini mewakili nilai minimum terendah keenam dalam 45 tahun pencatatan. Meier juga mengatakan terdapat tingkat es yang sangat rendah di Jalur Barat Laut, jalur laut melalui Samudra Arktik yang menghubungkan samudra Atlantik dan Pasifik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya