Pemilik Kerajaan Bisnis LVMH Bernard Arnault Diselidiki Terkait Pencucian Uang

Dua orang terkaya di dunia, Elon Musk dan Bernard Arnault
Sumber :
  • Instagram

Paris – Miliarder Prancis, Bernard Arnault dan oligarki Rusia Nikolai Sarkisov sedang diselidiki atas dugaan pencucian uang di resor mewah Alpen. Klaim itu dilontarkan oleh jaksa Paris, pada Kamis, 28 September 2023.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Penyelidikan tersebut menyangkut aktivitas mereka di Courchevel, sebuah resor ski di Pegunungan Alpen Prancis yang dikenal sebagai taman bermain bagi orang-orang ultra-kaya.

"Unit intelijen keuangan Kementerian Ekonomi Prancis memimpin penyelidikan itu, namun belum menentukan apakah ada kejahatan yang dilakukan," kata seseorang yang mengetahui masalah itu, dikutip dari Channel News Asia, Jumat, 29 September 2023.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Dua orang terkaya di dunia, Elon Musk dan Bernard Arnault dan keluarga mereka

Photo :
  • Instagram

Selain itu, menurut intelijen keuangan Tracfin, melaporkan bahwa miliarder Rusia berusia 55 tahun itu telah mengakuisisi 14 unit rumah dari satu penjual, pada 2018 seharga US$17 juta atau setara dengan Rp262,7 miliar dalam kesepakatan kompleks yang melibatkan  perusahaan yang berbasis di Perancis, Luksemburg dan Siprus.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Meski diyakini sebagai pembelinya, nama Sarkisov tidak tercantum dalam buku perusahaan yang melakukan pembelian tersebut. Perusahaan bernama La Fleche itu diyakini telah membeli tiga unit real estate lagi dari perusahaan kedua yang ternyata juga milik Sarkisov. Penjualan real estate itu memungkinkan orang Rusia mengantongi keuntungan modal sebesar 1,2 juta euro.

Louis Vuitton

Photo :
  • Pixabay

Arnault, yang menjalankan kerajaan mewah LVMH dan merupakan orang terkaya kedua di dunia setelah Elon Musk menurut Forbes, diduga meminjamkan €18,3 juta atau setara dengan Rp299,3 miliar kepada Sarkisov untuk kesepakatan tersebut.

Dia kemudian diyakini telah mengakuisisi La Fleche, yang secara efektif menjadi pemilik portofolio real estate. Perubahan kepemilikan tersebut bisa saja dirancang untuk menyembunyikan asal muasal dana tersebut.

Penyelidik juga yakin Sarkisov menghasilkan dua juta euro dari operasi tersebut, namun mereka masih belum mengetahui berapa jumlah yang telah dibayarnya untuk pinjaman tersebut.

Sebagai informasi, menurut pengetahuan keluarga, Arnault memiliki hubungan khusus dengan Courchevel karena dia belajar bermain ski di sana sejak kecil dan di sanalah dia memiliki rumah besar dan hotel mewah. Harga hotel di resor tersebut bisa mencapai beberapa puluh ribu euro per malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya