Kecelakaan Bus Maut di Italia, 20 Turis Tewas, 18 Luka-Luka

Kecelakaan bus di Venesia, Italia
Sumber :
  • Al Jazeera

Venesia, Italia – Lebih dari 20 orang tewas dan 18 luka-luka setelah sebuah bus yang membawa turis asing jatuh dari jalan layang, jatuh sekitar 15 meter dan terbakar di dekat Venesia di Italia utara, kata para pejabat.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Bus tersebut keluar dari jalur pada Selasa malam sekitar pukul 19:45 waktu setempat, menabrak penghalang, jatuh ke kabel listrik dan terbakar,

“Sebuah tragedi besar menimpa komunitas kami malam ini,” kata Wali Kota Luigi Brugnaro di media sosial, seraya mengatakan “banyak korban” berada di dalam pesawat. “Pemandangan apokaliptik, tidak ada kata-kata yang bisa saya jabarkan,” ujarnya, melansir DW, Rabu, 4 Oktober 2023.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Brugnaro kemudian mengatakan kepada saluran televisi pemerintah Italia Rai News24 bahwa masih banyak orang yang terjebak di reruntuhan. Dengan operasi penyelamatan yang masih berlangsung, jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat.

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

Kecelakaan itu terjadi di dekat Mestre, pinggiran kota Venesia. Gambar dari pemandangan yang diambil dari jalan di atas menunjukkan sebuah bus tergeletak terbalik di dekat jalur kereta api, masih membara.

Juru bicara balai kota mengatakan bahwa korbannya termasuk dua anak.

Prefek Venesia Michele Di Bari, yang bertindak sebagai perwakilan lokal Kementerian Dalam Negeri, mengatakan bus tersebut membawa wisatawan. Lima dari korban adalah warga Ukraina dan satu orang Jerman, kata Di Bari. Bus itu juga membawa penumpang dari Perancis dan Kroasia.

Pejabat Venesia Renato Boraso mengatakan bus itu membawa wisatawan ke lokasi perkemahan,

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni menyampaikan "belasungkawa yang mendalam". “Saya menghubungi Wali Kota Luigi Brugnaro dan (Menteri Transportasi) Matteo Salvini untuk menindaklanjuti berita tragedi ini,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Ketika ditanya bagaimana insiden ini bisa terjadi, Gubernur wilayah Veneto, Luca Zaia, mengatakan kepada televisi pemerintah RAI bahwa penyebab kecelakaan itu masih belum jelas. “Ini adalah tragedi yang penting, namun sulit untuk memahami bagaimana hal itu terjadi,” kata Zaia. “Bus itu masih baru dan bertenaga listrik, dan jalanan di sana tidak terlalu bermasalah.”

Italia telah mengalami sejumlah kecelakaan bus yang mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2017, 16 orang di dalam bus yang membawa pelajar Hongaria tewas dalam kecelakaan di dekat kota Verona di utara, sementara 40 orang tewas pada tahun 2013 ketika sebuah bus jatuh dari jembatan di Italia selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya