Korea Utara Bantah Senjatanya Dipakai Hamas Lawan Israel, Tuding Propaganda AS

Seorang tentara menunjuk ke sebuah granat roket Korea Utara
Sumber :
  • NKNews

Pyongyang– Otoritas Korea Utara pada hari Jumat, 13 Oktober 2023 waktu setempat membantah bahwa senjatanya digunakan oleh Hamas dalam serangan terhadap Israel, dan mengatakan bahwa klaim yang dibuat dalam beberapa laporan media adalah upaya Washington untuk mengalihkan kesalahan atas konflik tersebut ke negara ketiga.

Palestina Sebut Lebih dari 10.000 Orang Hilang di Bawah Puing di Gaza

Serangan udara milter Israel di Kota Gaza, Palestina, Rabu 11/10

Photo :
  • AP Photo/Fatima Shbair, File

Pakar militer mengatakan pekan ini bahwa foto-foto dari konflik tersebut menunjukkan militan Hamas mungkin menggunakan senjata Korea Utara, termasuk kemungkinan granat berpeluncur roket F-7.

Di Depan Putra Mahkota Arab Saudi, Anwar Ibrahim Singgung Konsisten Negara Islam Bela Palestina

Ada laporan bahwa Hamas menggunakan F-7 selama beberapa tahun, kata Bruce Bechtol, seorang profesor di Angelo State University di Texas, yang telah melakukan penelitian tentang penjualan senjata Korea Utara.

“Ini bisa berupa pasokan baru atau dari pengiriman sebelumnya sejak tahun 2009,” katanya, seraya menambahkan bahwa senjata tersebut kemungkinan besar dikirim secara tidak langsung ke Hamas dari Korea Utara melalui Iran atau Suriah, dikutip dari Today Online, Jumat, 13 Oktober 2023.

Menteri Israel Ancam Kudeta Netanyahu Jika Tidak Ada Kesepakatan Pembebasan Sandera

Kantor berita resmi Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA), menyebut klaim bahwa senjata mereka digunakan dalam serangan itu sebagai "rumor yang tidak berdasar dan salah".

“Ini hanyalah upaya untuk mengalihkan kesalahan atas krisis Timur Tengah yang disebabkan oleh kebijakan hegemonik (AS) yang salah ke negara ketiga dan dengan demikian menghindari kritik internasional yang terfokus pada kejahatan,” katanya.

Iron Dome, sistem pertahanan udara Israel menghalau serangan Hamas di Gaza

Photo :
  • AP Photo/Tsafrir Abayov

Menurut peneliti Eropa Joost Oliemans dan Stijn Mitzer, F-7 mudah dibedakan dari RPG serupa melalui pita merah di sekitar hulu ledak. Pita merah tersebut terlihat dalam foto yang dibagikan oleh Angkatan Pertahanan Israel, dan akun media sosial lainnya.

F-7, serta sejumlah kecil peluru kendali anti-tank (ATGM) Bulsae-2 Korea Utara, juga terlihat digunakan oleh Hamas dalam bentrokan tahun 2021, kata para peneliti pada saat itu.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Amerika John Kirby pada hari Kamis mengatakan dia tidak dapat mengkonfirmasi laporan tentang sumber roket yang digunakan oleh Hamas.

Strategi keamanan Amerika Serikat di belahan dunia lain termasuk Semenanjung Korea tidak akan terpengaruh oleh krisis Israel-Hamas, tambah Kirby.

Media pemerintah Korea Utara awal pekan ini menyalahkan Israel karena menyebabkan pertumpahan darah di Gaza.

Konflik terbaru Israel-Palestina dimulai pada akhir pekan dengan serangan mendadak oleh Hamas, yang merupakan serangan paling mematikan yang dilakukan militan Palestina dalam sejarah Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya