Perdana Menterinya Dukung Israel, 10 Ribu Warga Inggris Malah Unjuk Rasa Dukung Palestina

Masyarakat Inggris unjuk rasa mendukung Palestina
Sumber :
  • BBC.co.uk

VIVA Dunia – Ribuan pengunjuk rasa pro-Palestina telah turun ke jalan di seluruh Inggris, termasuk di London dan Manchester pada pekan lalu. Di London, lebih dari 1.000 petugas polisi dikerahkan saat massa berbaris dari New Broadcasting House BBC ke Downing Street.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Polisi Met mengatakan 15 orang telah ditangkap karena pelanggaran, termasuk penyerangan terhadap pekerja darurat dan menyalakan kembang api di tempat umum.

Hal ini terjadi seminggu setelah Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel. Pejuang dari kelompok militan Palestina memasuki komunitas di dekat Jalur Gaza, menewaskan sedikitnya 1.300 orang, dan menyandera sejumlah orang. Lebih dari 2.200 orang telah tewas di Gaza sejak Israel melancarkan serangan udara balasan dan serangan darat juga diperkirakan akan dilakukan.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Masyarakat Inggris unjuk rasa mendukung Palestina

Photo :
  • BBC.co.uk

Di London, saat demonstrasi Kampanye Solidaritas Palestina, bendera Palestina dan plakat pendukung dikibarkan saat orang-orang meneriakkan yel-yel selama pawai menuju Downing Street, melansir laporan BBC, Senin 16 Oktober 2023.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Polisi Met mengatakan pada pukul 19:40 BST pada hari Sabtu, area di sekitar Trafalgar Square sudah bersih dan kerumunan utama pawai telah dibubarkan. Polisi sebelumnya mengatakan ada "kantong-kantong kecil kekacauan" termasuk pelemparan suar, botol, dan kembang api ke arah polisi.

Polisi sebelumnya telah memperingatkan bahwa siapa pun yang menunjukkan dukungan untuk Hamas, yang “mereka anggap” organisasi terlarang, atau menyimpang dari jalurnya, akan ditangkap.

Polisi tampak menahan beberapa pria di Trafalgar Square. Satu orang diduga melemparkan benda ke mobil polisi saat demonstrasi pro-Palestina, dekat Kolom Nelson di Trafalgar Square.

Dia dikejar oleh petugas dan ditangkap saat melompat ke air mancur di alun-alun, yang memicu konfrontasi antara pengunjuk rasa dan petugas Met, dengan pembentukan setengah lingkaran di sekitar pria tersebut.

Masyarakat Inggris unjuk rasa mendukung Palestina

Photo :
  • BBC.co.uk

Dalam pembaruan mengenai penangkapan, Polisi Metropolitan awalnya mengatakan tujuh orang telah ditangkap selama protes, dua karena pelanggaran ketertiban umum dan satu karena tindak pidana pengerusakan.

Daerah tertentu di pusat kota London dilindungi oleh peraturan Pasal 60AA, yang mengharuskan seseorang untuk melepaskan barang-barang seperti masker yang mungkin digunakan untuk menyembunyikan identitas mereka, hingga pukul 22:00 BST. Empat dari tujuh penangkapan dilakukan berdasarkan kewenangan ini.

Pasukan kemudian mengatakan delapan orang lagi telah ditangkap pada malam hari karena pelanggaran termasuk penyerangan terhadap pekerja darurat dan menyalakan kembang api di tempat umum.

Awal pekan ini, Menteri Dalam Negeri Suella Braverman mendesak para kepala polisi untuk mempertimbangkan apakah slogan tersebut harus ditafsirkan sebagai "ekspresi keinginan kekerasan untuk melihat Israel dihapus dari dunia", yang mungkin menjadikannya sebagai pelanggaran ketertiban umum yang "diperburuk secara ras" dalam beberapa konteks. .

Para pengunjuk rasa dalam perjalanan ke Westminster juga terdengar meneriakkan "Rishi Sunak, kamu memalukan" dan slogan "dari sungai ke laut, Palestina akan merdeka".

Seperti diketahui, PM Inggris Rishi Sunak pada pekan lalu memang menunjukkan dukungan keberpohakan kepada Israel.

Demonstrasi juga terjadi di sejumlah kota di Inggris termasuk Liverpool, Bristol, Cambridge, Norwich, Coventry, Edinburgh dan Swansea. Di Glasgow, ribuan orang melakukan unjuk rasa pada sebuah acara yang diselenggarakan oleh Kampanye Solidaritas Palestina Skotlandia.

Di antara mereka yang berpidato di pertemuan di London itu adalah mantan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn. Dia mengatakan politisi Inggris seharusnya tidak memaafkan kampanye pemboman Israel.

Menggambarkan pawai tersebut sebagai “hari solidaritas”, anggota parlemen yang sekarang independen tersebut mengatakan: “Jika Anda percaya pada hukum internasional, jika Anda percaya pada hak asasi manusia, maka Anda harus mengutuk apa yang terjadi saat ini di Gaza oleh tentara Israel.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya