Mengapa Mesir dan Jordania Tak Izinkan Pengungsi dari Palestina Masuk Negara Mereka?

Petugas medis membawa korban serangan Israel ke sebuah rumah sakit di Gaza.
Sumber :
  • Anadolu.

VIVA Dunia – Dunia tahu bahwa kini Palestina sangat tak aman. Namun, ketika warga Palestina yang putus asa di Gaza mencoba mencari perlindungan di bawah pemboman Israel yang tiada henti, mengapa negara tetangganya, Mesir dan Yordania tidak menerima mereka? 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Kedua negara, yang masing-masing mengapit Israel dan berbagi perbatasan dengan Gaza dan Tepi Barat yang diduduki, telah menjawab dengan penolakan keras. 

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi melontarkan pernyataan terkerasnya pada hari Rabu, dengan mengatakan bahwa perang saat ini tidak hanya ditujukan untuk melawan Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, “Tetapi juga upaya untuk mendorong penduduk sipil untuk bermigrasi ke Mesir,” melngutip AP, Kamis, 19 Oktober 2023.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Dia memperingatkan bahwa hal ini dapat merusak perdamaian di wilayah tersebut.

VIVA Militer: Penduduk Gaza, Palestina

Photo :
  • mirror.co.uk
Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Raja Yordania Abdullah II memberikan pesan serupa sehari sebelumnya, dengan mengatakan, “Tidak ada pengungsi Palestina di Yordania, tidak ada pengungsi di Mesir.”

Apalagi, Yordania sudah memiliki populasi pengungsi Palestina yang besar.

Penolakan mereka berakar pada ketakutan bahwa Israel ingin memaksa pengusiran permanen warga Palestina ke negara mereka dan  tuntutan Palestina untuk menjadi negara. 

El-Sissi juga mengatakan eksodus massal akan berisiko membawa militan ke Semenanjung Sinai Mesir, tempat mereka mungkin melancarkan serangan terhadap Israel, sehingga membahayakan perjanjian perdamaian kedua negara yang telah berlangsung selama 40 tahun.

Berikut adalah apa yang membuat Mesir dan Yordania menolak:

Pengungsian telah menjadi tema utama dalam sejarah panjang Palestina. Pada perang tahun 1948 sekitar pembentukan Israel, diperkirakan 700.000 warga Palestina diusir atau melarikan diri dari wilayah yang sekarang menjadi Israel. Orang-orang Palestina menyebut peristiwa itu sebagai Nakba, yang dalam bahasa Arab berarti “malapetaka”.

Pada perang Timur Tengah tahun 1967, ketika Israel merebut Tepi Barat dan Jalur Gaza, 300.000 warga Palestina lainnya melarikan diri, sebagian besar ke Yordania.

Para pengungsi dan keturunan mereka kini berjumlah hampir 6 juta orang, sebagian besar tinggal di kamp-kamp dan komunitas di Tepi Barat, Gaza, Lebanon, Suriah dan Yordania. Diaspora telah menyebar lebih jauh, dengan banyak pengungsi yang tinggal di negara-negara Teluk Arab atau negara-negara Barat.

Setelah pertempuran terhenti pada perang tahun 1948, Israel menolak mengizinkan pengungsi kembali ke rumah mereka. Sejak itu, Israel menolak tuntutan Palestina agar para pengungsi dikembalikan sebagai bagian dari perjanjian damai, dengan alasan bahwa hal itu akan mengancam mayoritas warga Yahudi di negara tersebut.

Hal ini sebagian disebabkan karena tidak adanya skenario yang jelas mengenai bagaimana perang ini akan berakhir.

Israel mengatakan mereka bermaksud menghancurkan Hamas karena aksi berdarah mereka yang brutal di kota-kota di selatan. Namun tidak ada indikasi mengenai apa yang mungkin terjadi setelahnya dan siapa yang akan memerintah Gaza. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa mereka akan menduduki kembali wilayah tersebut untuk jangka waktu tertentu, sehingga memicu konflik lebih lanjut.

Militer Israel mengatakan warga Palestina yang mengikuti perintahnya untuk melarikan diri dari Gaza utara ke bagian selatan Jalur Gaza akan diizinkan kembali ke rumah mereka setelah perang berakhir. Ini yang membuat Mesir tidak merasa tenang.

El-Sissi mengatakan pertempuran bisa berlangsung bertahun-tahun jika Israel berpendapat bahwa mereka belum cukup menumpas militan. Dia mengusulkan agar Israel menampung warga Palestina di Gurun Negev, yang bertetangga dengan Jalur Gaza, sampai negara tersebut mengakhiri operasi militernya.

“Ketidakjelasan Israel mengenai niatnya di Gaza dan evakuasi penduduk merupakan suatu permasalahan,” kata Riccardo Fabiani, Direktur Proyek Afrika Utara Crisis Group International.

“Kebingungan ini memicu ketakutan di lingkungan sekitar,” tambahnya.

Mesir telah mendorong Israel untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza, dan Israel mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka akan mengizinkannya, meskipun tidak disebutkan kapan. Menurut PBB, Mesir, yang sedang menghadapi krisis ekonomi yang meningkat, telah menampung sekitar 9 juta pengungsi dan migran, termasuk sekitar 300.000 warga Sudan yang tiba tahun ini setelah melarikan diri dari perang di negara mereka.

Namun negara-negara Arab dan banyak warga Palestina juga mencurigai Israel mungkin menggunakan kesempatan ini untuk memaksakan perubahan demografis permanen guna menghancurkan tuntutan Palestina akan status negara di Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem Timur, yang juga direbut oleh Israel pada tahun 1967.

El-Sissi mengulangi peringatannya pada hari Rabu bahwa eksodus dari Gaza dimaksudkan untuk “menghilangkan perjuangan Palestina, perjuangan terpenting di wilayah kita.”

Dia berargumentasi bahwa jika negara demiliterisasi Palestina telah terbentuk sejak lama melalui negosiasi, maka tidak akan ada perang saat ini.

“Semua presiden sejarah menunjukkan fakta bahwa ketika warga Palestina terpaksa meninggalkan wilayah Palestina, mereka tidak diperbolehkan kembali lagi,” kata H.A. Hellyer, rekan senior di Carnegie Endowment for International Peace. “Mesir tidak ingin terlibat dalam genosida etnis di Gaza.”

Kekhawatiran negara-negara Arab dipicu oleh bangkitnya partai-partai sayap kanan di bawah pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang berbicara secara positif mengenai penghapusan warga Palestina. Sejak serangan Hamas, retorika mereka menjadi semakin tidak terkendali, dengan beberapa politisi sayap kanan dan komentator media menyerukan militer untuk menghancurkan Gaza dan mengusir penduduknya. Salah satu anggota parlemen mengatakan Israel harus melakukan “Nakba baru” di Gaza.

Ketakutan Terhadap Hamas

Raja Yordania Abdullah II

Photo :
  • ANTARA/HO-QNA-OANA.

Pada saat yang sama, Mesir mengatakan eksodus massal dari Gaza akan membawa Hamas atau militan Palestina lainnya pindah ke wilayahnya. Hal ini mungkin akan mengganggu stabilitas di Sinai, tempat militer Mesir berperang selama bertahun-tahun melawan militan Islam dan pernah menuduh Hamas mendukung mereka.

Mesir mendukung blokade Israel di Gaza sejak Hamas mengambil alih wilayah tersebut pada tahun 2007, dengan ketat mengontrol masuknya material dan lalu lintas warga sipil. Serangan ini juga menghancurkan jaringan terowongan di bawah perbatasan yang digunakan Hamas dan warga Palestina lainnya untuk menyelundupkan barang ke Gaza.

Setelah sebagian besar pemberontakan di Sinai berhasil dipadamkan, “Kairo tidak ingin menghadapi masalah keamanan baru di wilayah yang bermasalah ini,” kata Fabiani.

El-Sissi memperingatkan skenario yang lebih tidak stabil: hancurnya perjanjian damai Mesir dan Israel tahun 1979. Dia mengatakan bahwa dengan kehadiran militan Palestina, Sinai “akan menjadi basis serangan terhadap Israel. Israel mempunyai hak untuk mempertahankan diri dan akan menyerang wilayah Mesir.”

“Perdamaian yang telah kita capai akan hilang dari tangan kita. Semuanya demi gagasan untuk menghilangkan perjuangan Palestina,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya