Dukung Palestina, Orang Yahudi di Eropa Kutuk Serangan ke Jalur Gaza

VIVA Militer: Pemakaman anak-anak Palestina korban serangan militer Israel
Sumber :
  • timesofisrael.com

Israel – Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyatakan perang terhadap kelompok bersenjata Palestina, setelah Lebih dari 1.400 orang tewas di Israel dalam serangan Hamas. Kampanye pemboman yang brutal dan tak henti-hentinya dilakukan oleh Israel telah menewaskan lebih dari 5.100 orang di Jalur Gaza

Pengemudi Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Kesal karena Israel Tutup Perbatasan

Sebagian besar wilayah tersebut menjadi puing-puing hanya dalam waktu dua minggu. Sebuah LSM Palestina melaporkan bahwa pemboman Israel di Gaza secara tragis telah merenggut nyawa satu anak Palestina setiap 15 menit sejak dimulainya konflik.

Ofir, seorang aktivis pro-Palestina yang lahir di Israel dan banyak orang Yahudi yang tinggal di Eropa, mengkritik kebijakan Israel. Mereka telah bergabung dalam protes yang meledak di seluruh benua terhadap serangan yang sedang berlangsung di Gaza. 

Anak 5 Tahun Tewas Dianiaya Ayah Tiri, Jasadnya Dibuang Ibu Kandung ke Tapanuli Utara

VIVA Militer: Pemakaman anak-anak Palestina korban serangan militer Israel

Photo :
  • timesofisrael.com

Dari Glasgow hingga London, Paris hingga Barcelona, banyak yang bergabung dalam aksi unjuk rasa pro-Palestina untuk mengekspresikan solidaritas terhadap masyarakat di wilayah yang diblokade. Mereka mewakili minoritas Yahudi yang terus memperjuangkan hak-haknya.

Kisah Jenderal Soemitro, dari Ramalan Boneka Jailangkung Jadi Tentara Kesayangan Soeharto

Naama Farjoun, yang dibesarkan di Yerusalem, kini memutuskan sebagai seorang Yahudi anti-Zionis. Pada bulan Januari 2001, dia meninggalkan Israel, hanya beberapa bulan setelah pecahnya Intifada kedua. 

“Saya meninggalkan (Israel) karena saya tidak sanggup menanggung beban menjadi warga negara (Israel) yang memiliki hak istimewa di negara yang rasis,” kata ibu dua anak ini, yang setiap hari marah dengan pendudukan Israel dan diskriminasi kepada Al Jazeera.  

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)

Photo :
  • lbc.co.uk

“(Perang ini membawa) kesedihan yang luar biasa… menyebabkan penderitaan yang tidak dapat ditanggung oleh siapa pun. Saya yakin peristiwa tragis saat ini adalah akibat langsung dari pelecehan, penindasan, kekerasan, dan perampasan selama bertahun-tahun yang dilakukan oleh Negara Israel,” tambahnya. 

Orang Yahudi, termasuk orang Yahudi Israel, yang menyuarakan kecaman mereka atas tindakan Israel terhadap Palestina bukanlah fenomena baru. Mereka yang disebut sebagai penolakan Israel sering kali dipenjara karena prinsip-prinsip mereka.

Salah satunya Joseph Abileah, seorang musisi kelahiran Austria. Dia secara luas dianggap sebagai orang pertama di Israel yang diadili karena menolak bertugas di militer Israel, hanya beberapa bulan setelah negara Yahudi itu didirikan pada tahun 1948. 

Pemain biola tersebut berhasil melarikan diri dari hukuman penjara, dan pendiriannya membuka jalan bagi generasi-generasi Israel yang menolak wajib militer atas dasar hati nurani.

Namun, seperti halnya kelompok penolakan di Israel yang sering mendapat reaksi keras atas keyakinan mereka, demikian pula halnya dengan warga Yahudi pro-Palestina di tempat lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya