8 Pria India Dijatuhi Hukuman Mati oleh Pemerintah Qatar Karena Jadi Mata-mata Untuk Israel

Ilustrasi mata-mata
Sumber :
  • The Sydney Morning Herald

VIVA Dunia – Pengadilan Qatar menjatuhkan hukuman mati pada hari Kamis, 26 Oktober 2023, kepada delapan karyawan India di sebuah perusahaan Qatar atas tuduhan spionase, yang dilaporkan atas nama Israel.

Mesir Buka-bukaan Ada Proposal Baru soal Gencatan Senjata di Gaza

Menurut laporan di media India, para pejabat tersebut ditangkap tahun lalu karena dicurigai menjadi mata-mata negara Yahudi tersebut dalam program kapal selam militer Qatar.

Hukuman tersebut dijatuhkan pada waktu yang sensitif di tengah perang Israel-Hamas, ketika Qatar memainkan peran perantara penting dalam negosiasi pembebasan beberapa sandera Israel yang ditahan di Gaza oleh kelompok teror Palestina, serta masuknya sejumlah bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Pemerintah India berjanji akan menjajaki “semua pilihan hukum” sebagai tanggapan atas hukuman mati tersebut.

Bendera India atau Bharat

Photo :
  • Pune Pulse
Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

Menurut laporan media India, kedelapan orang tersebut adalah pensiunan perwira angkatan laut India, beberapa di antaranya memimpin kapal perang selama bertugas, dan pernah bekerja di perusahaan konsultan Al Dahra, memberikan nasihat kepada pemerintah Qatar tentang akuisisi kapal selam, melansir NDTV, Jumat, 26 Oktober 2023.

Al Dahra adalah perusahaan yang berbasis di Teluk yang menawarkan “solusi dukungan lengkap” untuk sektor kedirgantaraan, keamanan dan pertahanan, menurut situs webnya.

Kementerian Luar Negeri India mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka sedang menunggu keputusan rinci dalam kasus ini.

“Kami sedang berhubungan dengan anggota keluarga dan tim hukum, dan kami sedang menjajaki semua opsi hukum,” katanya.

“Kami sangat mementingkan kasus ini dan telah memantaunya dengan cermat. Kami akan terus memperluas semua bantuan konsuler dan hukum. Kami juga akan mengambil keputusan tersebut bersama pihak berwenang Qatar,” lanjutnya.

Pernyataan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Pihak berwenang Qatar memberi New Delhi akses konsuler terhadap delapan warga negara India selama persidangan mereka.

Jutaan orang India tinggal dan bekerja di kawasan Teluk, sebagian besar dari mereka bekerja sebagai pekerja semi-terampil atau tidak terampil. Mereka merupakan sumber pendapatan penting bagi India dan berkontribusi terhadap keberhasilan perekonomian negara-negara Teluk.

Pada hari Rabu, 25 Oktober 2023, seorang pejabat senior pemerintah Israel menyuarakan pujian yang jarang diberikan kepada negara Teluk yang telah lama menjadi tuan rumah bagi para pemimpin tertinggi Hamas dan mendanai kelompok teror tersebut, serta memuji upaya diplomatik mereka yang “penting”.

“Saya senang untuk mengatakan bahwa Qatar menjadi pihak dan pemangku kepentingan yang penting dalam memfasilitasi solusi kemanusiaan. Upaya diplomatik Qatar sangat penting saat ini,” kata Penasihat Keamanan Nasional Tzachi Hanegbi di X (sebelumnya Twitter).

Sebuah tanda menunjukkan rute ke Kedutaan Besar Qatar di Manama, Bahrain.

Photo :
  • ANTARA/Reuters/Hamad I Mohammed/as.

Karena hubungan dekat mereka, monarki Teluk yang kaya ini telah bertindak sebagai saluran komunikasi dengan Hamas dan memainkan peran penting dalam negosiasi untuk membebaskan sedikitnya 220 sandera yang saat ini ditahan oleh pasukan di Jalur Gaza setelah serangan Hamas terhadap Israel pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023, yang menewaskan sekitar 1.400 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil.

Empat sandera juga telah dibebaskan.

Dalam kekerasan yang terjadi di masa lalu, Qatar juga berperan dalam menengahi gencatan senjata antara Israel dan pasukan Hamas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya