Presiden Dewan Eropa Peringatkan Risiko Ini jika Israel Masih Langgar Hukum Internasional di Gaza

Israel Kembali Serang Gaza Palestina
Sumber :
  • (AP Photo/Hatem Moussa)

Uni Eropa – Presiden Dewan Eropa Charles Michel memperingatkan Israel bahwa mereka berisiko terisolasi dari komunitas internasional jika mereka tidak berhenti melanggar hukum internasional di Jalur Gaza. Hal itu dikemukakan Michel pada Kamis, 9 November 2023,

Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

“Kami semua menyarankan Israel untuk mempertimbangkan ketentuan hukum internasional sambil mempertahankan diri. Israel tidak peduli dengan isolasi dari komunitas internasional pada tahap tertentu. Oleh karena itu, penting bagi Israel untuk menangani aturan ini dengan hati-hati,” kata Michel, dikutip dari Middle East Monitor, Sabtu, 11 November 2023.

Michel menekankan bahwa mengepung seluruh Jalur Gaza adalah pelanggaran hukum internasional, dan keselamatan warga sipil harus terjamin.

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

Serangan rudal Israel menghancurkan wilayah Jabaliya, Gaza, Palestina

Photo :
  • AP Photo/Abdul Qader Sabbah

Ia juga menekankan bahwa penyelesaian konflik Palestina-Israel dengan pembentukan dua negara sangatlah penting dan merupakan prioritas mutlak bagi Uni Eropa.

Ancam Israel, Jenderal Ali Belali Tunjukkan Deretan Senjata Pemusnah Iran

Presiden Dewan Eropa itu juga menambahkan bahwa Uni Eropa harus menyelenggarakan konferensi internasional mengenai masalah ini dalam beberapa minggu mendatang.

Sebagai informasi, perang dimulai pada 7 Oktober 2023, ketika kelompok bersenjata Hamas menerobos pagar perbatasan Jalur Gaza di Israel selatan.

Israel mengatakan Hamas membunuh 1.400 orang dan menculik 240 orang lainnya pada hari pembantaian terburuk dalam sejarah Israel.

Dalam serangan balasan, Israel meluncurkan ratusan bom ke Palestina dan menewaskan sedikitnya 10.000 orang dalam sebulan terakhir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya