Joe Biden Sebut Bakal Buat Hubungan Militer AS dan China Akur

Pertemuan bilateral Presiden AS Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping
Sumber :
  • AP Photo/Alex Brandon

Amerika Serikat – Beberapa hari sebelum pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Ti Xi Jinping di konferensi tingkat tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (Asia Pacific Economic Cooperation/APEC) di San Fransisco pertengahan minggu ini.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Dilansir dari Asia Times, Selasa, 14 November 2023, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih AS Jake Sullivan mengatakan Biden ingin memulihkan kembali hubungan militer dengan China.

Pertemuan bilateral Presiden AS Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping

Photo :
  • AP Photo/Alex Brandon
Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Pertemuan di KTT APEC ini merupakan yang pertama bagi Biden dan Xi dalam satu tahun terakhir ini. Pertemuan ini juga merupakan pertemuan tatap muka kedua di antara kedua pemimpin sejak Biden berkuasa pada Januari 2021.

“Presiden Biden bertekad untuk menjalin kembali hubungan militer-ke-militer karena yakin hal itu demi kepentingan keamanan nasional Amerika," kata Sullivan, yang berbicara pada program “Face the Nation” di stasiun televisi CBS.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

“Kita memerlukan jalur komunikasi agar tidak terjadi kesalahan, atau salah perhitungan, atau miskomunikasi," imbuhnya.

Lebih jauh Sullivan mengatakan pemulihan hubungan militer dapat terjadi di setiap tingkat, mulai dari kepemimpinan senior hingga tingkat operasional taktis, serta “di perairan dan udara di Indo-Pasifik.”

Sementara saat berbicara di program “State of the Union”, Sullivan mengatakan Biden akan berupaya “mendorong kemajuan” dalam hubungan militer kedua negara dalam pertemuannya dengan Xi, tetapi menolak memberi rincian lebih lanjut.

“Pada dasarnya China yang memutuskan hubungan komunikasi ini. Presiden Biden ingin membangun kembali hubungan tersebut. Ini adalah agenda utama kami," kata Sullivan.

Presiden Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping bertemu di KTT G20 Bali, Indonesia.

Photo :
  • AP Photo/Alex Brandon.

Pertemuan Biden-Xi diperkirakan akan mencakup isu-isu global, dari perang Israel-Hamas hingga invasi Rusia ke Ukraina, hubungan Korea Utara dan Rusia, isu Taiwan, Indo-Pasifik, hak asasi manusia, produksi fentanil, isu kecerdasan buatan, hingga hubungan ekonomi dan perdagangan yang “adil,” ujar seorang pejabat senior Amerika.

Hubungan antar kedua negara redup setelah Biden memerintahkan untuk menembak jatuh apa yang diduga sebagai balon mata-mata China yang terbang melintasi wilayah Amerika. Namun, sejak insiden itu sejumlah pejabat tinggi Biden telah datang ke Beijing dan bertemu dengan mitra-mitra mereka guna membangun kembali kepercayaan dan komunikasi.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya