Yordania Kirim Bantuan 180 Dokter dan Perawat ke Gaza

Putra Mahkota Yordania Al Hussein bin Abdullah di El Arish, Mesir
Sumber :
  • X @RHCJO

Gaza – Yordania dan Uni Emirat Arab sedang mendirikan rumah sakit lapangan pertama di Jalur Gaza selatan untuk membantu warga Palestina yang terluka dan sakit akibat perang Hamas-Israel atau yang terpaksa mengungsi dari enam rumah sakit di Gaza karena kondisi yang memburuk dan digunakan oleh teroris Hamas. 

30 Warga Kabupaten Sergai Diduga Keracunan Makanan

Dilansir dari FDD, empat puluh truk peralatan, 180 dokter dan perawat yang dikirim dari Yordania mulai memasuki Gaza selatan melalui negara tetangga Mesir pada tanggal 20 November 2023 dan diperkirakan akan mendirikan rumah sakit lapangan di Khan Younis dalam waktu 48 jam.

Putra Mahkota Yordania Al Hussein bin Abdullah di El Arish, Mesir

Photo :
  • X @RHCJO
Mortir Hamas Gempur Rafah, Nyaris Selusin Tentara Israel Sekarat

Putra Mahkota Yordania Hussein berada di El-Arish Mesir untuk mengawasi kedatangan dan pengiriman barang dan staf yang diangkut melalui udara. 

“Paling tidak, yang bisa kami lakukan adalah membantu saudara-saudara kami di Gaza dan Palestina,” kata putra mahkota, dikutip dari Arab News, Rabu, 22 November 2023.

Tinjau BLUD RS Konawe, Presiden Jokowi Apresiasi Inisiatif Pendanaan Pembangunan

Video bantuan kemanusiaan dari negara Yordania itu viral di media sosial dan mendapatkan respon positif warganet. Sebab, sudah ada bantuan untuk Gaza.

Ya Allah sungguh mulia hati putra mahkota Jordania, semoga beliau selalu dilindungi Allah SWT,” komentar netizen di unggahan akun TikTok @ulhandoank93.

Bahagianya ya Allah. Sehat terus putra mahkota Jordania, aamiin,” komentar lainnya.

Ya Allah begitu mulia hati putra mahkotanya Jordania sampe mau ngawal bantuan sampe Palestina. Semoga Allah membalas kebaikannya aamiin,” sahut yang lain.

Yordania sebelumnya telah mengirimkan pasokan ke rumah sakit yang mereka sponsori di Kota Gaza dan secara terpisah mendirikan rumah sakit lapangan di kota Nablus, Tepi Barat sebuah sinyal bahwa negara tersebut ingin membantu menyediakan perawatan bagi korban Gaza di wilayah Palestina.

Putra Mahkota Yordania Al Hussein bin Abdullah di El Arish, Mesir

Photo :
  • X @RHCJO

Para pejabat Gaza juga mengatakan mereka akan menjadi tuan rumah bagi delegasi UEA yang dikirim untuk mencari lokasi rumah sakit lapangan yang disponsori oleh Abu Dhabi, yang secara terpisah telah menerbangkan sejumlah kecil anak-anak Palestina yang terluka untuk mendapatkan perawatan.

Israel telah menetapkan Mawasi, sebuah wilayah tandus di pantai barat daya Gaza, sebagai zona aman bagi pengungsi perang Palestina. Para pejabat Gaza juga mengundang negara-negara asing untuk mendirikan rumah sakit lapangan di sana dan mendorong Kairo untuk mengizinkan lebih banyak korban keluar melalui Sinai Mesir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya