Majelis Umum PBB Sahkan Resolusi Gencatan Senjata Olimpiade

ilustrasi Majelis Umum PBB
Sumber :

New York – Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), pada Selasa 21 November 2023, mengesahkan sebuah resolusi tentang Gencatan Senjata Olimpiade.

Resolusi tersebut mendesak negara-negara anggota PBB untuk mematuhi Gencatan Senjata Olimpiade secara individual maupun kolektif selama periode yang dimulai dari tujuh hari sebelum permulaan Olimpiade Paris hingga tujuh hari setelah penutupan Paralimpiade Paris 2024.

Draf resolusi tersebut diajukan untuk diputuskan dalam pemungutan suara atas permintaan Prancis. Resolusi itu disahkan dengan hasil dukungan suara 118-0, dengan dua suara abstain dari Rusia dan Suriah.

Potret Lisa Blackpink Diduga Ngedate Bareng Frederic ke Museum hingga Makan Es Krim

Olimpiade Paris 2024

Photo :
  • cgtn.com


Sebelum pemungutan suara, Deputi Perwakilan Tetap Rusia untuk PBB Maria Zabolotskaya mengatakan bahwa fasilitator Prancis untuk draf itu "menuruti keinginan sekelompok negara Barat" dan mempresentasikan draf resolusi yang tidak memasukkan "prinsip-prinsip kesetaraan, akses yang didepolitisasi untuk olahraga, atau larangan diskriminasi."

Tank Israel Siap Serang Rafah Jika Tak Ada Kesepakatan Gencata Senjata Setelah 72 Jam

Seruan untuk Gencatan Senjata Olimpiade ini sebenarnya merupakan tradisi berusia 3.000 tahun, yang sudah diterapkan sejak Olimpiade kuno, dengan demikian menyoroti kontribusi mereka terhadap perdamaian.

Dikatakan, perdamaian juga merupakan pusat pemikiran pendiri Komite Olimpiade Internasional, Pierre de Coubertin. Resolusi ini menyerukan penghentian permusuhan dan mendesak Negara-negara Anggota PBB untuk memastikan penyelenggaraan Olimpiade secara damai. (Ant/Antara)

Raja Sapta Oktohari yakin Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade 2024 meski Dikalahkan Uzbekistan
Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade meski Dihajar Uzbekistan

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong tidak menyangkal fakta bahwa timnya tidak dalam kondisi terbaik. Dia yakin lolos ke Olimpiade 2024

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024