Hamas Bebaskan 12 Tawanan Israel Saat Gencatan Senjata Hari Kelima di Gaza

VIVA Militer: Brigade Izz ad-Din al-Qassam Hamas Palestina
Sumber :
  • timesofisrael.com

Gaza – Hamas telah membebaskan 12 sandera lagi, kata militer Israel dan Komite Palang Merah Internasional (ICRC), ketika gencatan senjata terus berlanjut di Gaza. ICRC mengatakan bahwa mereka berhasil memfasilitasi pembebasan dan pemindahan 12 sandera keluar dari Gaza. 

Perempuan Ini Masuk Jajaran Direksi Telkomsel, Jago IT

Para tawanan tersebut keluar dari Jalur Gaza melalui penyeberangan Rafah dengan Mesir pada hari Selasa, 27 November 2023 kemarin yang sekaligus menjadi hari kelima dari perpanjangan gencatan senjata antara Israel dan kelompok bersenjata Palestina di Gaza.

IDF mengatakan 10 warga Israel dan dua warga negara Thailand telah tiba di Israel. Sebagai imbalan atas pembebasan warga Israel tersebut, 30 tahanan Palestina kemudian dibebaskan dari penjara Israel, menurut Qatar, mediator utama dalam gencatan senjata tersebut. 

9 Negara Ini Tolak Palestina Jadi Anggota PBB, Salah Satunya Tetangga RI

Hamas membebaskan 24 orang sandera yang dievakuasi dengan mobil Red Cross

Photo :
  • Ist

Perjanjian tersebut memberikan kemungkinan untuk memperpanjang gencatan senjata dengan imbalan pembebasan 10 tawanan setiap hari. Klub Tahanan Palestina mengatakan 15 perempuan dan 15 anak di bawah umur akan dibebaskan. Di antara mereka adalah Ahmad Salayme yang berusia 14 tahun.

RI Gagas Pemberian Hak Istimewa Palestina di Sidang PBB, Selangkah Lagi Anggota Penuh

“Pada hari pertama perang terjadi sejumlah pemukulan, narapidana perempuan dipukuli. Mereka melarang saya mengadakan perayaan, dan pada hari pembebasan saya,” kata Salayme dalam wawancara dengan Mohammed Jamjoom dari Al Jazeera.

“Saya tidak diperbolehkan meninggalkan rumah, mengibarkan tanda atau spanduk apa pun, atau menggunakan megafon. Dan jika saya melanggar salah satu aturan ini, saya akan ditarik kembali,” Ahmad Salayme. 

“Kami sangat bahagia namun kebahagiaan kami belum lengkap karena kami berduka atas mereka yang hilang, mereka yang terluka, dan mereka yang hilang,” katanya, merujuk pada warga Palestina di Gaza.

Sebelum kedatangannya, kerabat anak laki-laki tersebut, teman-temannya, dan jurnalis telah berkumpul di ruang tamu di Ras al-Amoud, sebuah lingkungan di Yerusalem Timur, dalam keheningan ketika pasukan keamanan Israel berada di luar.

Warga Gaza merayakan pembebasan tahanan Palestina dari penjara Israel

Photo :
  • AP Photo/Nasser Nasser

Pihak berwenang Israel telah memperingatkan keluarga perempuan dan anak-anak Palestina yang dibebaskan sebagai bagian dari gencatan senjata di Gaza agar tidak merayakan kepulangan mereka.

Sekitar 240 tawanan ditangkap ketika Hamas melancarkan serangan ke Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang, menurut pejabat Israel. Puluhan sandera telah dibebaskan, sebagian besar melalui perjanjian Israel-Hamas yang akan berakhir pada Kamis pagi.

Selain pertukaran, kesepakatan tersebut mencakup penghentian permusuhan di Gaza dan peningkatan bantuan kemanusiaan ke wilayah yang telah dibombardir dan dikepung Israel selama lebih dari tujuh minggu.

Lebih dari 15.000 orang telah tewas dalam serangan udara dan darat Israel, termasuk lebih dari 6.000 anak-anak, menurut pejabat Palestina. Ratusan ribu orang terpaksa mengungsi di tengah kondisi kemanusiaan yang mengerikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya