Serangan Kelompok Houthi Meningkat di Laut Merah, Italia Kirim Kapal Perang Bantu Israel

Kelompok milisi Houthi di Yaman
Sumber :
  • www.middleeastmonitor.com

RomaItalia, sekutu Israel, akan mengirim kapal perang ke Laut Merah, di tengah meningkatnya serangan kelompok Houthi Yaman terhadap kapal komersial.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Fregat angkatan laut Italia Virgilio Fasan, yang dijadwalkan dikirim pada Februari 2024, bertujuan untuk mendukung Operasi Atalanta Uni Eropa (UE), dan mencegah tindakan pembajakan serta perampokan bersenjata di selatan Laut Merah, Teluk Aden dan India Ocean.

Dilansir dari The Sundaily, Kamis, 21 Desember 2023, kapal perang itu diperkirakan melewati Terusan Suez pada 24 Desember 2023.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Laut Merah.

Photo :
  • TFA Manasek

Laporan tersebut mencatat bahwa keputusan pengiriman kapal perang diambil setelah Menteri Pertahanan Italia Guido Crosetto, melakukan konferensi video dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Sebelumnya, pada Senin, 18 Desember 2023, Austin mengumumkan pembentukan satuan tugas angkatan laut multinasional untuk melawan serangan Houthi terhadap kapal komersial di Laut Merah.

Dia menggambarkan Operasi Penjaga Kemakmuran sebagai sebuah inisiatif keamanan multinasional baru, yang penting di bawah payung Pasukan Maritim Gabungan dan kepemimpinan Satuan Tugas 153, yang berfokus pada keamanan di Laut Merah.

Kapal Galaxy Leader yang Disandera Kelompok Houthi Yaman

Photo :
  • AP News

Sebagai informasi, Laut Merah adalah salah satu jalur laut yang paling sering digunakan di dunia untuk pengiriman minyak dan bahan bakar.

Namun, kelompok Houthi telah secara signifikan meningkatkan keterlibatan mereka dalam konflik Israel-Hamas di Jalur Gaza, dengan menargetkan kapal-kapal di Laut Merah bagian selatan dan memperingatkan untuk menyerang semua kapal yang menuju Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya