Blak-blakan Pada Joe Biden, Xi Jinping: Beijing Akan 'Caplok' Kembali Taiwan Secara Damai

Pertemuan Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping
Sumber :
  • NBC

VIVA Dunia – Presiden China Xi Jinping secara blak-blakan mengatakan kepada Presiden AS Joe Biden bahwa Beijing akan menyatukan kembali Taiwan dengan China daratan tetapi waktunya belum ditentukan. Hal ini ia sampaikan pada pertemuan puncak mereka baru-baru ini di San Francisco, AS.

List of Countries with the Most Widows

Xi mengatakan kepada Biden dalam pertemuan kelompok yang dihadiri oleh belasan pejabat Amerika dan China bahwa preferensi China adalah ‘mengambil alih’ Taiwan secara damai, bukan dengan kekerasan, kata para pejabat tersebut.

Pemimpin China tersebut juga merujuk pada prediksi publik dari para pemimpin militer AS, yang mengatakan bahwa Xi berencana mengambil alih Taiwan pada tahun 2025 atau 2027, dan mengatakan kepada Biden bahwa prediksi tersebut salah karena ia belum menetapkan kerangka waktunya, menurut dua pejabat AS yang hadir dalam pertemuan, melansir NBC, Jumat, 22 Desember 2023.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping

Photo :
  • Twitter @Jas0nYu

Para pejabat China dikabarkan juga meminta sebelum pertemuan puncak tersebut agar Biden membuat pernyataan publik setelah pertemuan tersebut yang mengatakan bahwa AS mendukung tujuan China untuk melakukan penyatuan damai dengan Taiwan dan tidak mendukung kemerdekaan Taiwan, kata mereka.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Namun, Gedung Putih menolak permintaan Tiongkok.

Selama pertemuan puncak di San Francisco, Xi juga menyatakan keprihatinannya terhadap kandidat yang mencalonkan diri sebagai presiden Taiwan pada pemilu bulan depan, menurut para pejabat AS.

Ketika Biden meminta China menghormati proses pemilihan Taiwan, Xi menanggapinya dengan mengatakan bahwa perdamaian “semuanya baik-baik saja” tetapi China pada akhirnya harus mengambil langkah menuju resolusi, kata seorang pejabat AS.

Pengungkapan ini memberikan rincian yang belum pernah dilaporkan sebelumnya mengenai pertemuan penting antara kedua pemimpin yang dimaksudkan untuk mengurangi ketegangan antara negara mereka.

Peringatan pribadi Xi kepada Biden, meskipun tidak terlalu berbeda dengan komentar publiknya di masa lalu mengenai penyatuan kembali Taiwan, mendapat perhatian dari para pejabat AS karena hal ini disampaikan bertepatan pada sikap China kepada Taiwan yang dipandang semakin agresif dan menjelang pemilihan presiden yang berpotensi penting bulan depan.

Setelah publikasi ini, Senator Lindsey Graham, R-S.C., mengeluarkan pernyataan yang menyerukan Partai Republik dan Demokrat untuk bekerja sama untuk menghalangi China.

“Kisah yang diberitakan ini sangat mengerikan,” kata Graham. “Saya akan bekerja sama dengan Senator Demokrat dan Republik untuk melakukan dua hal dengan cepat. Pertama, menciptakan tambahan pertahanan yang kuat untuk Taiwan dan kedua, merancang sanksi pra-invasi yang akan diterapkan pada Tiongkok jika mereka mengambil tindakan untuk merebut Taiwan.”

Presiden AS Joe Biden bersama Presiden China, Xi Jinping.

Photo :
  • ANTARA/China Daily,

Pada Kongres Partai Komunis China tahun lalu, Xi menyatakan secara terbuka bahwa China akan menyerang Taiwan secara militer jika Taiwan mendeklarasikan kemerdekaan dengan dukungan negara asing. Pemimpin China tersebut mengatakan ancaman kekerasan “diarahkan semata-mata pada campur tangan kekuatan luar dan segelintir kelompok separatis yang menginginkan” kemerdekaan Taiwan.

Xi Jinping, yang telah menetapkan tujuan untuk melipatgandakan perekonomian China pada tahun 2035, juga mengatakan bahwa "kita harus terus mengupayakan pembangunan ekonomi" sebagai tugas utama kita,” yang mana diyakini juga menyangkut persatuan kembali China dan Taiwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya