Pria Sembunyi di Ruang Roda Pesawat Tujuan Paris-Aljazair, Begini Kondisinya Sekarang

Ilustrasi ban pesawat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Paris – Seorang pria ditemukan pada Kamis, 28 Desember 2023, di kompartemen roda pendaratan sebuah pesawat komersial, yang terbang ke Paris dari Aljazair. Pria tersebut mengalami hipotermia parah, tetapi masih dinyatakan selamat, kata pihak berwenang Prancis.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Pria yang diyakini berusia 20-an, ditemukan saat pemeriksaan teknis setelah penerbangan Air Algerie dari Oran, Aljazair dan mendarat di bandara Orly Paris.

Ilustrasi Pesawat

Photo :
  • unsplash.com
Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

"Dia tidak membawa tanda pengenal, dan dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi serius," kata polisi, dikutip dari NDTV, Jumat, 29 Desember 2023.

Menurut sumber di bandara sebelumnya, pria tersebut masih dalam keadaan hidup, namun dalam kondisi yang mengancam nyawa karena hipotermia parah.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Calon penumpang di bandara berjalan menuju pesawat terbang komersil. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Pesawat komersial berlayar di ketinggian 30.000 hingga 40.000 kaki di mana suhu biasanya turun hingga sekitar -50 derajat Celcius (-58F), dan kekurangan oksigen membuat mustahil bagi siapa pun yang bepergian dalam kompartemen roda pendaratan yang tidak dipanaskan atau bertekanan untuk dapat bertahan hidup.

Menurut data Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA), 132 orang yang dikenal di industri sebagai penumpang gelap, mencoba melakukan perjalanan di kompartemen roda pendaratan pesawat komersial antara tahun 1947 dan 2021.

Pada bulan April tahun ini, mayat seorang pria juga ditemukan di roda pendaratan sebuah pesawat di bandara Schiphol Amsterdam yang terbang dari Toronto, tetapi sebelumnya lepas landas dari Nigeria.

Empat bulan sebelumnya, dua penumpang ditemukan tewas setibanya di ruang penyimpanan roda pendaratan penerbangan antara Santiago de Chile dan Bogota.

Pada Juli 2019, jenazah seorang pria yang membeku jatuh ke taman di pinggiran kota London, yang diyakini berada di kompartemen roda pendaratan pesawat Kenya Airways yang mendekati bandara Heathrow.

Sebagai informasi, angka kematian orang yang mencoba melakukan perjalanan dengan cara ini adalah 77 persen, menurut angka FAA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya