33 Mata-mata Israel Ditangkap di Turki, Erdogan Tetap Bela Hamas

Ilustrasi mata-mata Israel yang ditangkap di Turki, tahun lalu
Sumber :
  • Times of Israel

VIVA Dunia – Turki menangkap puluhan orang yang dicurigai menjadi mata-mata Israel pada hari Selasa waktu setempat, menurut menteri dalam negeri negara itu, dan perkembangan ini terjadi setelah adanya ancaman Israel untuk menargetkan anggota Hamas di luar Palestina. 

Ada Sabu dan Ekstasi saat Polisi Tangkap Artis Rio Reifan

Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT) dan biro kontra-terorisme dari kantor kejaksaan Istanbul telah menahan 33 tersangka sebagai bagian dari operasi yang bertujuan mengganggu upaya Mossad untuk menargetkan warga asing di negara tersebut, melansir laporan Al Jazeera, Rabu, 3 Januari 2023.

Para tersangka ditangkap di delapan provinsi di seluruh negeri dalam apa yang disebut Ankara sebagai Mole Operation atau Operasi Mata-mata. 

Jenderal Pengkhianat Iran Mata-mata CIA Masih Berkeliaran Meski Diklaim Sudah Dieksekusi

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • middleeastmonitor.com

Sebanyak 13 tersangka lainnya masih buron, menurut laporan media Turki.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Menurut Yerlikaya, badan intelijen Mossad berencana mengawasi dan “menculik” orang asing di tanah Turki. Pihak berwenang juga menemukan 143.830 euro, $23.680, senjata tanpa izin, dan file digital.

“Kami tidak akan pernah membiarkan kegiatan spionase bertentangan dengan persatuan nasional dan solidaritas negara kami!” tulis menteri dalam negeri

Bulan lalu, Wall Street Journal melaporkan bahwa badan intelijen Israel berupaya membunuh para pemimpin Hamas di Timur Tengah, termasuk di Turki, ketika pasukannya memerangi kelompok teroris di Jalur Gaza.

Beberapa hari kemudian, media Israel merilis rekaman kepala Shin Bet Ronen Bar yang mengatakan bahwa Israel bertekad untuk membunuh para pemimpin Hamas “di setiap lokasi” di dunia, termasuk Qatar, Turki dan Lebanon. 

Ilustrasi mata-mata Israel yang ditangkap di Turki, tahun lalu

Photo :
  • Times of Israel

Sebagai tanggapan, Ankara memperingatkan Israel bahwa mereka akan menghadapi “konsekuensi serius” jika mencoba membunuh anggota Hamas di wilayah Turki.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga memperingatkan Israel bahwa Israel akan “membayar harga yang sangat mahal” untuk melakukan operasi melawan Hamas di Turki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya