China Copot 3 Pimpinan Kedirgantaraan dari Jabatan

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping
Sumber :
  • Majalla Magazine

Beijing China mencopot tiga pimpinan di BUMN Kedirgantaraan dan Pertahanan utama. Tak hanya itu, kepemimpiman Xi Jinping juga mencopot para pejabat itu dari badan penasihat politik utama Partai Komunis.

Hakim Tunda Sidang Kasus Korupsi Kementan Gegara SYL Diare

Melalui Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok, mereka yang dipecat yaitu Wu Yansheng, ketua China Aerospace Science and Technology Corporation, Liu Shiquan, ketua Norinco Group, dan Wang Changqing, wakil manajer di China Aerospace Science and Industry milik negara.

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping

Photo :
  • express.co.uk
Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Perusahaan Wu mengawasi pengembangan program pesawat ruang angkasa dan rudal Tiongkok, sedangkan Norinco Group milik Liu adalah salah satu produsen peralatan militer terkemuka di Beijing.

Meski demikian, Laporan media pemerintah tidak memberikan rincian mengenai pemecatan mereka, namun laporan dari Harian Sing Tao Hong Kong mengklaim bahwa ketiganya terlibat dalam penyelidikan terkait kekuatan roket militer China.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Pembersihan di jajaran Pertahanan ini terjadi di tengah upaya Beijing untuk membersihkan tokoh-tokoh penting yang terkait dengan militer China.

Pengamat CENTRIS AB Solissa menilai, pembersihan militer ini merupakan bagian dari kampanye antikorupsi Xi Jinping, yang telah mengakibatkan beberapa komandan tingkat tinggi dicopot dari jabatannya dan menghadapi penyelidikan terkait korupsi.

AB menilai Kampanye antikorupsi ini merupakan cara Xi menyingkirkan lawan politik atau individu yang dianggap mengancam kepemimpinannya.

"Gelombang pembersihan terbaru ini mencerminkan besarnya korupsi di industri pertahanan China, dan hal ini dapat mempengaruhi kemampuan tempur militer Tiongkok," kata AB dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 5 Januari 2024.

“Saya pikir mungkin ada banyak korupsi di industri pertahanan Tiongkok dan hal ini pasti akan berdampak pada efektivitas tempur Tentara Pembebasan Rakyat,” lanjutnya.

AB menambahkan, pembersihan di kalangan militer juga menunjukkan keinginan Xi untuk memperkuat kendalinya atas perdagangan senjata di China.

"Pembersihan ini mungkin berarti Xi ingin menegaskan kembali kendalinya atas perdagangan senjata," ujar AB.

Selain mempengaruhi kemampuan militer Tiongkok dan memperkuat kendali Xi atas perdagangan senjata, pemecatan komandan militer tertinggi secara tiba-tiba juga dapat merusak moral militer China dan menciptakan tantangan tak terduga terhadap kendali Xi atas militer.

“Serangkaian skandal korupsi dapat menciptakan skeptisisme internal terhadap kredibilitas kepemimpinan puncak dan membentuk lingkaran setan yang pada akhirnya mempengaruhi kendali Xi,” sebut AB.

Xi Jinping saat mengambil sumpah presiden

Photo :
  • The Guardian

Militer China tidak memiliki pengalaman tempur nyata dan memiliki kemampuan perang gabungan yang terbatas. Karena itu, gejolak internal yang semakin meningkat dapat menimbulkan risiko yang lebih besar terhadap operasi militer China.

“PLA mungkin menghadapi situasi di mana mereka memiliki kekuatan militer yang besar, namun kemampuan mereka mungkin goyah."

Sebagai informasi, meningkatnya tantangan di tengah perombakan personel gelombang pembersihan terbaru ini menyusul serangkaian pemecatan para pemimpin militer dalam beberapa bulan terakhir. 

Pada Oktober, Tiongkok mencopot Menteri Pertahanan saat itu, Li Shangfu, yang menghilang dari pandangan publik sejak bulan Agustus dan dilaporkan menghadapi penyelidikan atas tuduhan korupsi.

Menurut AB, perombakan personel di militer Tiongkok terkait dengan penyelidikan terhadap proses pengadaan peralatan Pasukan Roket PLA, yang menurut pihak berwenang China dikendalikan oleh sekelompok kecil orang.

Li, mantan menteri pertahanan, menjabat sebagai kepala departemen tersebut pada 2017-2022.

Pemecatannya juga terjadi setelah dua pemimpin tertinggi Pasukan Roket, yang mengawasi persenjataan nuklir PLA, digantikan oleh komandan militer dari unit lain.

Dengan mengangkat spesialis non-roket sebagai pemimpin unit khusus, Lin mengatakan Xi memprioritaskan loyalitas para komandan tersebut dibandingkan keahlian mereka.

Menurut AB, hal ini bagian dari upaya Xi untuk merombak militer Tiongkok berdasarkan loyalitas dapat mengurangi fleksibilitas militer China.

“Sejak ia berkuasa pada tahun 2012, sekitar 58 jenderal telah disingkirkan oleh Xi, dan penekanan ekstrimnya pada kesetiaan dapat membahayakan ketangkasan dan fleksibilitas militer China dalam situasi pertempuran sesungguhnya,” katanya.

Ketika kesetiaan militer terkonsentrasi pada satu orang, militer mungkin menjadi kurang tanggap terhadap situasi perang yang berubah dengan cepat karena kekuasaan untuk memerintah hanya dipegang oleh individu tersebut.

Lin mengatakan kampanye Xi untuk memperkuat kendalinya atas militer Tiongkok melalui pembersihan akan sulit dihentikan.

“Xi tahu bahwa dia perlu mengendalikan militer sebelum dia bisa mengendalikan segalanya, yang penting bagi Xi adalah kesetiaan mutlak militer daripada kemampuan tempurnya yang sebenarnya," pungkas AB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya