Komandan Senior Hizbullah Tewas Kena Rudal Israel

VIVA Militer: Milisi Hizbullah Lebanon
Sumber :
  • jpost.com

Lebanon Serangan Israel di Lebanon selatan pada Senin, 8 Januari 2024, menewaskan seorang komandan senior Hizbullah. Hal itu diungkapkan oleh tiga sumber keamanan organisasi tersebut.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Sumber itu mengidentifikasi dia sebagai Wissam al-Tawil, wakil kepala unit pasukan elit Radwan Hizbullah. Dia dan pejuang Hizbullah lainnya tewas ketika mobil mereka dihantam dalam serangan di desa Khirbet Selm, Lebanon selatan.

"Ini adalah serangan yang sangat menyakitkan," klaim salah satu sumber keamanan, dikutip dari The Cradle, Senin, 8 Januari 2024.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

VIVA Militer: Rudal balistik Jericho militer Israel

Photo :
  • india.com

Yang lain berkata, keadaan akan bergejolak sekarang.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Serangan itu terjadi setelah Israel meningkatkan konflik dengan membunuh pemimpin tinggi Hamas, Saleh al-Arouri, dan enam anggota Hamas lainnya dalam serangan udara di Dahiyeh pinggiran Beirut pekan lalu.

Hizbullah kemudian merespons pada 6 Januari dengan menembakkan 62 roket ke pangkalan Meron Israel, pusat komando keamanan dan militer utama untuk peperangan udara dan intelijen di front utara.

Serangan Israel di Lebanon selatan telah menewaskan lebih dari 130 pejuang Hizbullah dan 28 warga sipil Lebanon sejak perang dimulai pada 7 Oktober. 19 pejuang Hizbullah lainnya tewas di Suriah.

VIVA Militer: Ledakan di utara Israel usai serangan roket Hizbullah

Photo :
  • al-monitor.com

Sementara itu, Hizbullah mengatakan hal itu telah menyebabkan sekitar 2.000 korban (mati dan terluka) di antara pasukan Israel.

Penduduk di permukiman utara Israel dan kota-kota Lebanon selatan dekat perbatasan terpaksa mengungsi di tengah pertempuran.

Dalam beberapa hari terakhir, para pejabat Israel meningkatkan retorika mereka mengenai kemungkinan perang skala penuh di Lebanon.

“Kami lebih memilih jalan penyelesaian diplomatik yang disepakati,” kata Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada hari Jumat, 5 Januari 2024.

"Tetapi kami semakin dekat dengan titik di mana keadaan akan berubah.”

Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah memperingatkan Israel dalam pidato yang disiarkan televisi pada tanggal 5 Januari untuk tidak melancarkan perang skala penuh terhadap Lebanon.

“Siapa pun yang berpikir untuk berperang dengan kami, singkatnya, dia akan menyesalinya,” kata Nasrallah.

Ketua blok 'Loyalitas terhadap Perlawanan pro-Hizbullah di parlemen Lebanon, Mohammad Raad, menekankan, "Kami tidak ingin perang meluas, namun kami ingin agresi dihentikan. Tidak ada yang membahas apa pun terkait dengan tindakan kami. Arena Lebanon bersama kami sebelum musuh mengakhiri agresinya.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya