Pria di Uzbekistan Tak Boleh Panjangkan Janggut, Viral Video Polisi Sampai Inspeksi Masjid

Bendera Uzbekistan
Sumber :

VIVA Dunia – Polisi Uzbekistan di luar ibu kota telah memaksa puluhan umat Islam pria untuk mencukur janggut mereka, sebuah praktik yang telah dikritik oleh organisasi hak asasi manusia domestik dan internasional selama bertahun-tahun. 

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Dalam video yang viral di media sosial X, terlihat seorang polisi berkata bahwa ia menginspeksi masjid karena laporan ada kegiatan teroris yang ditakutkan terjadi. "Ini adalah masjid di daerah Gulistan. Di dalam masjid, polisi sedang mengecek orang-orang yang memiliki janggut panjang. Ini adalah masjid, tapi di dalamnya malah penuh dengan polisi," cerita seseorang.

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

"Mereka melarang janggut dan memaksa saya untuk mencukur janggut saya!," katanya, dalam video, dilansir Selasa, 8 Januari 2024. 

Melansir Radio Free Europe Radio Liberty, dilaporkan bahwa pada tanggal 24 November bahwa dalam beberapa minggu terakhir polisi di kota Yangiyul, 20 kilometer dari Tashkent, telah memanggil sejumlah pria dan memaksa mereka untuk mencukur jenggot mereka. 

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Seorang aktivis lokal, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan bahwa 22 pria dipaksa untuk mencukur janggut mereka di Yangiyul saja selama sebulan terakhir. “Hanya orang beragama yang dipaksa mencukur janggutnya,” katanya, seraya menambahkan bahwa praktik tersebut tampak “sistematis.” 

Pria yang berbicara dengan RFE/RL mengatakan polisi tidak menargetkan mereka yang menumbuhkan janggut demi fashion, namun hanya menargetkan umat Islam. “Polisi mengatakan kami dianggap seperti teroris,” kata salah satu warga Yangiyul. 

"Kami menumbuhkan janggut karena dianggap sejalan dengan tradisi dan praktik Nabi Muhammad. Itu melanggar hak kami.” 

Seorang pejabat polisi setempat membantah pihak berwenang memaksa laki-laki untuk mencukur janggut mereka. Dalam beberapa tahun terakhir sering terjadi laporan mengenai polisi yang menargetkan pria berjanggut panjang di Uzbekistan, dalam upaya memerangi Islam radikal di negara berpenduduk terpadat di Asia Tengah.

Pada bulan Mei, sebuah video beredar di Internet yang diduga menunjukkan seorang pejabat polisi di kota Namangan bagian timur menginstruksikan bawahannya untuk memilih laki-laki berjanggut dan memaksa mereka untuk bercukur sambil mendokumentasikan prosesnya, mengambil foto laki-laki tersebut sebelum dan sesudah bercukur. 

Pada bulan Juni, polisi di kota Angren di bagian timur dilaporkan memaksa puluhan umat Islam untuk mencukur jenggot mereka. 

Ilustrasi pria berjenggot.

Photo :
  • Pixabay/Free-Photos

Pihak berwenang menolak laporan tersebut, dengan mengatakan bahwa dalam beberapa kasus warga diminta mencukur janggut mereka agar terlihat sesuai dengan foto mereka di dokumen identitas. 

Pada bulan Desember 2020 lalu, Departemen Luar Negeri A.S. menghapus Uzbekistan dari daftar observasi khusus atas pelanggaran kebebasan beragama, yang telah dilakukan negara tersebut sejak tahun 2018, dengan mengatakan bahwa pemerintahnya tidak lagi terlibat atau menoleransi “pelanggaran berat terhadap kebebasan beragama.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya