4 Negara Ini Ikut Serang Yaman Bareng AS-Inggris, Termasuk Bahrain dari Negara Arab

VIVA Militer: Jet tempur militer Amerika Serikat menyerang Yaman
Sumber :
  • ndtv.com

Yaman - Amerika Serikat dan Inggris telah melancarkan serangan udara terhadap sejumlah target milisi Houthi di Yaman pada Jumat, 12 Januari 2024 lalu. Serangan itu dilakukan sebagai balasan atas sabotase sampai pembajakan kapal komersial terkait Israel oleh Houthi di Laut Merah. 

Pengakuan Jujur Anthony Ginting Usai Buka Keunggulan Indonesia Atas Inggris

Rentetan serangan ini bahkan memicu ledakan yang terdengar sampai di sejumlah kota di Yaman. Pejabat Houthi melaporkan bahwa gempuran AS-Inggris berdampak pada beberapa situs penting, seperti Pangkalan Udara Al Dailami dan Bandara Internasional Hodeidah. 

Lalu, markas militer di Saada, Bandara Internasional Taiz dan wilayah selatan Yaman, sampai bandara di kota Abs. Komandan Pusat Angkatan Udara AS Letnan Jenderal Alex Grynkewich menyebut bahwa pasukannya berhasil menggempur 60 target di 16 lokasi Houthi di Yaman. 

Susunan Pemain Indonesia Vs Inggris di Thomas Cup 2024

Namun, serangan tersebut bukan hanya dilancarkan oleh AS dan Inggris saja, terdapat sejumlah negara yang turut membantu dan memberikan dukungan atas serangan tersebut. Nah, berikut beberapa negara yang membantu AS dan Inggris di Yaman. 

1. Kanada 

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

PM Kanada Justin Trudeau

Photo :
  • Al Arabiya

Kanada adalah salah satu negara yang disebut-sebut membantu serangan AS-Inggris. Banduan dari Kanada bahkan dikonfirmasi oleh Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Sunak mengonfirmasi bahwa negara ini memberikan bantuan dan dukungan non operasional dalam serangan ini. 

Kunjungan Raja dan Ratu Belanda di Indonesia

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Belanda juga ikut Sunak menjadi negara yang membantu serta memberikan dukungan non operasional terhadap AS dan Inggris. Namun, Sunak tidak menjelaskan lebih detail bentuk bantuan dan dukungan yang diberikan oleh Belanda dalam serangan tersebut. 

Pemimpin oposisi Australia Anthony Albanese jadi PM

Photo :
  • ANTARA/AAP/Jason Edwards via Reuters)

Australia jua tergabung menjadi salah satu negara yang turut membantu serangan AS-Inggris di Yaman. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Pejabat Kementerian Pertahanan AS kepada Politico. Tetangga RI itu menjadi satu dari 12 negara sekutu yang mengeluarkan pernyataan bersama.

Perdana Menteri Bahrain, Pangeran Khalifa bin Salman Al-Khalifa meninggal dunia

Photo :
  • BNA

Bahrain adalah satu-satunya negara Arab yang dikonfirmasi AS dan Inggris yang membantu serang Yaman. Keterlibatan Bahrain disebut PM Rishi Sunak dan Pejabat Kementerian Pertahanan AS dalam keterangan resmi. Seperti beberapa negara lain, Bahrain juga memberikan bantuan dan dukungan non operasional atas serangan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya