Virgin Atlantic Batal Takeoff Gara-gara Penumpang Lihat Sekrup Sayap Pesawat Hilang

Maskapai Virgin Atlantic
Sumber :
  • Virgin Atlantic

London – Virgin Atlantic terpaksa harus membatalkan penerbangan dari Manchester ke New York, setelah seorang penumpang melihat sekrup yang hilang pada panel salah satu sayap Airbus A330, sebelum lepas landas, pada 15 Januari 2024.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Saat melihat sekrup itu hilang, pria itu segera memberi tahu awak kabin. Dia menyebutkan bahwa dirinya merasa cemas saat mengetahui hal itu, sehingga dia memberi tahu pramugari sebagai tindakan pencegahan.

Staf maskapai penerbangan meyakinkan penumpang tersebut bahwa tidak ada masalah keselamatan pada sayapnya, namun kekhawatirannya bertambah karena insiden baru-baru ini, di mana sebuah pesawat Alaska Airlines kehilangan penutup pintunya dan sebagian badan pesawatnya terlepas di tengah penerbangan.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Virgin Atlantic Airbus A330-300 sedang mengudara.

Photo :
  • plane-mad.com

Perwakilan maskapai penerbangan menyatakan bahwa penerbangan tersebut dibatalkan untuk kembali dilakukan pemeriksaan pemeliharaan teknis tambahan sebagai tindakan pencegahan.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

"Tim kami memiliki waktu maksimum untuk menyelesaikan pemeriksaan (pesawat) demi keselamatan pelanggan dan kru," kata maskapai tersebut, dikutip dari The Sundaily, Rabu, 24 Januari 2024.

Kepala insinyur sayap Airbus, Neil Firth, membenarkan bahwa sekrup yang hilang tidak mempengaruhi integritas struktural sayap atau kemampuan memuat.

Meski mengalami gangguan, pria tersebut dan rekannya akhirnya mencapai New York City dengan penerbangan lain.  Insiden ini menyoroti pentingnya langkah-langkah keselamatan yang ketat dalam industri penerbangan, bahkan untuk masalah-masalah yang tampaknya kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya